PB, Jakarta – Dalam hal politik anggota TNI Maupun Polri tidak diperbolehka untuk masuk ke dalam ranah dunia politik praktis, apalagi secara terang-terangan mendukung salah satu calon kepala daerah.

Nampaknya aturan ini tidak berlaku bagi Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Tito Karnavian dengan Zhang Wan Xie alias Basuki Indra alias Basuki Tjahaja Purnama, atau biasa disapa dengan nama Ahok.

Dalam sebuah pertemuan dalam rangka meresmikan pembangunan Kantor Satuan Polisi Daerah (Satrolda) Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Metro Jaya di Waduk Pluit Penjaringan Jakarta Utara.

Tito tampak sumringah dan langsung memuji-muji Ahok, bagaikan sedang berorasi, dengan menganggap jika Ahok adalah Gubernur yang sangat konsisten antara ucapan dan perbuatan.

Tito memuji Ahok bahkan sampai dengan cara berlebihan dan seakan meminta kepada warga Jakarta untuk mendukung Ahok nantinya.

“Pak Ahok ini adalah Gubernur yang konsisten antara ucapan dan perbuatan, sangat cepat mengambil keputusan, Kota Jakarta masih membutuhkan figur seperti dia,” ujar Tito berpromosi untuk mendukung Ahok dalam pilkada Gubernur Jakarta 2017 nanti.

Febryan Adithya Ketua Umum Karyawan Film dan Televisi Indonesia, yang juga berencana masuk dalam bursa pemilihan kepala daerah DKI Jakarta, menyayangkan ucapan Kapolda Metro Jaya yang terang-terangan mengucapkan depan umum terkait dukungan kepada Ahok.

” Polri harus bersikap netral, dan itu sudah tertuang dalam undang-undang dan Peraturan Kapolri/Perkap Nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri. Hal itu tertuang jelas dalam pasal 6 huruf H dan pasal 12,” ujarnya.

Dimana Pasal 6, menyebutkan ; setiap anggota Polri wajib bersikap netral dalam kehidupan berpolitik.

Pasal 12, setiap anggota dilarang menjadi anggota atau pengurus parpol, menggunakan hak memilih dan dipilih. Serta melibatkan diri pada kegiatan politik praktis

Bukan sekedar dilarang untuk ikut berkampanye dan mendukung salah satu calon pasangan, anggota Polri juga dilarang menggunakan hak pilih dalam setiap pemilu maupun pilkada.

(Jall)

loading...