PB, Jakarta – Ketika Ahok memeperlihatkan sebuah foto, dirinya mengemukakan jika inilah penyebab sabotase yang mengakibatkan banjir di sekitar Istana Negara.

Namun sayangnya foto yang ditunjukkan Ahok tidak bisa diambil untuk dipakai sebagai pelengkap berita.

Akibatnya beberapa pendukung Ahok ikut membantu menyebarkan foto yang menjadi penyebab banjir di sekitar Istana Negara.

Beberapa foto yang disebarkan, menggambarkan, gulungan bekas pembungkus kabel bawah tanah dan petugas PPSU yang sedang merapikan sampah yang ditengarai milik PLN atau Provider Telekomunikasi untuk dimuat ke truk sampah.

Foto tersebut selain diupload secara perorangan, ada juga yang dipakai untuk keperluan berita, namun ketika berita tersebut muncul, beberapa netizen masih ingat terkait keberadaan foto-foto tersebut, adalah foto lama yang sudah pernah diposting dengan isi berita terkait banjir juga di seputaran kawasan Istana Merdeka.

Akibatnya beberapa pemilik akun yang menyebarkan berita tersebut, tidak luput dari ” kemarahan” para netizen, yang menganggap akun yang menyebarkan harus ikut bertanggung jawab menyebarkan foto yang dianggap bohong.

Berikut beberapa foto yang dimuat berasal dari kegiatan pembersihan pada tahun sebelumnya.

a84275b509f01da2c98da993876c79d0Berita dengan judul ; ” Saluran Jalan Merdeka Timur Dipenuhi Kulit Kabel ” di sebarkan pemilik akun @addiems musisi yang terkenal sebagai konduktor, dan ayah dari pemusik Kevin.

Adalah akun  @Whiplaz yang memprotes dan memberitahukan jika foto berita tersebut sudah pernah dimuat dalam sebuah berita yang di upload pada tanggal 26 Maret 2014 lalu.

Sementara dalam sebuah foto lainnya, tampak para petugas PPSU sedang membereskan pembungkus kabel bawah tanah untuk di muat di bak truk sampah.

IMG_20160228_010335Goenawan Mohamad, budayawan dan wartawan senior, dengan akun @gm_gm mengupload foto tersebut, dengan menuliskan cuitan, ” Yang disumpalkan ke dalam got, dan bikin air membludag. Kulit kabel listrik sebanyak satu truk “.

Namun foto milik Goenawan langsung mendapat perhatian dari akun @panca66, yang menuliskan kekecewaannya terkait foto tersebut dikembalikan lagi dalam berita terbaru.

” Berita lama di recycle lagi sama online sampah itu om. Jurnalis lawakan bisa bodoh juga begitu jadi bigot, hahaha, ” tulis @panca66

Goenawan Mohamad tidak menanggapi cuitan milik @panca66, hanya saja beberapa tulisan dari para netizen, pengikut @panca66 menyayangkan jika seorang yang dianggap sebagai wartawan senior tidak teliti.

Foto yang ditampilkan Ahok tampak kabur dan tidak begitu jelas jika dibesarkan, namun sekilas tampak mirip dengan foto yang di upload Goenawan Mohamad.

(Jall)

loading...