PB, Jakarta – Perebutan kursi Gubernur DKI Jakarta masih tertinggal satu tahun lagi, namun calon-calon yang akan maju masih banyak mencari cara agar bisa memasuki peta percaturan politik Kota Jakarta.

Selain incumbent Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang sudah menyatakan maju, juga nama Adhyaksa Dault sudah mendeklarasikan diri untuk maju menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Beberapa nama juga sempat mencuat, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil bahkan seorang Ketua Umum Karyawan Filem dan Televisi, Febryan Adhitya juga menginginkan untuk bisa maju dalam perebutan kursi.

” Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik, ketika seorang Ganjar Pranowo yang menyatakan maju untuk Gubernur Jawa Tengah, namanya kala itu masih jauh berada di bandingkan nama lainnya,” ujar Presidium Nusa Ina Institue, Abdulah Kelrey.

Namun terbukti, dengan pengelolaan dan gerakan politik sambil memperkenalkan seorang Ganjar, akhirnya mengantarkannya ke kursi Gubernur Jateng.

Walaupun baru Ahok, Adhyaksa dan Febryan yang terang-terangan menyatakan maju, namun kedua nama lainnya juga menjadi kandidat terkuat dan menjadi jaminan keberhasilan.

Sandiaga Uno (SU) dikenal sebagai pengusaha muda dan sukses, namun SU pernah melontarkan jika dirinya telah mundur dari dunia bisnis, dan saat ini SU adalah salah satu kader di partai Gerindra.

Kemudian Ridwan Kamil yang dikenal sebagai Walikota Bandung, yang berhasil membuat Bandung menjadi kota terbaik, bahkan untuk ukuran dunia.

Keinginan Ridwan berkiprah di Jakarta, dituangkan kepada para pengikutnya melalui akun Fanspagenya di facebook yang disukai hingga 1,6 juta lebih, dengan melontarkan pertanyaan apakah dirinya layak untuk maju sebagai Gubernur Jakarta.

Pertanyaan RK yang dilontarkan pada Sabtu (27/2)  mendapat respon komentar sebanyak 47 ribu komentar dan dibagikan sebanyak 5.306 kali.

Seluruh komentar oleh RK dibaca, ” terimakasih masukannya. 47 ribu komen/masukan/kritikan, ada akun yang (berasal) dari  Bandung, Jakarta, luar negeri, akun jones, akun pelangsing dan pengencang dada, akun abal-abal sd (sampai dengan) akun panasbung-detected juga saya baca hatur nuhun pisan, ” tulis RK

Terbersit kabar jika pertanyaan yang dilontarkan oleh RK ini, membuat gerah para pendukung Ahok, ” bisa jadi, RK dengan segudang prestasi selama membenahi Kota Bandung, adalah lawan terberat Ahok di atas kertas,” ujar Dullah.

Sementara itu Adhyaksa Dault (AD) yang sudah mengeluarkan pernyataan akan ikut bertarung sejak tahun lalu, dengan mengunpulkan jaringan dan dukungan dari berbagai ormas Agama dan olahraga. Namun nama AD beberapa bulan belakangan ini mulai melunak.

Dalam sebuah pertemuan dengan RK, di Hotel Gren Melia Kuningan, minggu (28/2), AD menyatakan jika RK maju maka dirinya akan mundur dari pertarungan.

” Dia (RK) katakan, saya belum putuskan sekarang, besok saya putuskan pagi,” ujar AD menirukan ucapan RK, Adhyaksa menambahkan, jika RK tidak maju, maka dirinya akan tetap maju.

(Jall)

loading...