PB, Jakarta – Di Jakarta ada sebuah jalan yang dinamakan jalan Kasablanka, Kuningan Jakarta Pusat, lengkap dengan sebuah kawasan yang dinamakan kota Kasablanka.

Kota Cassablanca adalah nama sebuah kota di Negara Maroko, Afrika, yang mendapatkan kemerdekaannya dari Negara Perancis, dan Indonesia adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko.

Salah satu bentuk penghargaan kepada Indonesia, Maroko membuat sebuah mesjid dan menamakan “Mesjid Indonesia” yang terletak di Kota Kenitra.

Nama Mesjid Indonesia jelas terlihat di bagian atas pintu utama mesjid yang ditulis dengan huruf arab.

Sejarah berdirinya Mesjid ini juga merupakan hadiah kepada bangsa Indonesia dari Raja Maroko Muhhamed V, selain hadiah pemberian untut beberapa ruas jalan dengan memberi nama jalan Jakarta, Jalan Bandung dan Jalan Soekarno.

Mesjid yang terlihat megah dan berada di kawasan Biranzan, sampai detik ini masih difungsikan dan digunakan oleh umat muslim di Maroko ini, dan memiliki berbagai cerita, bahkan konon untuk membangun mesjid ini pemerintah Maroko mendatangkan beberapa arsitektur dari Indonesia.

Mungkin Maroko bisa dimasukkan sebagai salah satu negara kunjungan untuk wisata Islam, selain mengunjungi mesjid ketiga terbesar di dunia, pertama Masjidil Haram di Mekkah, lalu Mesjid Nabawi di Madinah, juga sekaligus mengunjungi Mesjid Indonesia dan menuliskan sesuatu di tempat yang telah disediakan.

Untuk bangsa Indonesia, mengunjungi Maroko tidaklah perlu memakai visa, dikarenakan hadiah yang diberikan oleh Mohammed V kepada bangsa ini selain nama jalan, mesjid juga kunjungan bebas visa yang sampai sekarang masih berlaku sejak tahun 1960.

(Jall)

loading...