PB, Jakarta – Komandan Komando Latihan Armada RI Kawasan Barat (Dankolatarmabar) Kolonel Laut (P) Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han)., membuka Kursus Intesif Bahasa Inggris (KIBI) Elementary, Kursus Komputer Tingkat Dasar serta Latihan Dalam Dinas (LDD) Bintara Utama (Bama) dan LDD Allied Tactical Naval Positioning (ATNP), di Gedung Nanggala, Markas Komando (Mako) Kolat Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin (29/2).

Dalam sambutannya Dankolatarmabar antara lain mengatakan bahwa kegiatan Kursus dan LDD di Kolat Koarmabar yang terus menerus dilaksanakan secara intensif dan berlanjut ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan prajurit Koarmabar baik yang berdinas di staf, pangkalan maupun di KRI. Dengan terpeliharannya kemampuan personel diharapkan memberikan dampak yang positif kepada personel maupun satuannya.

Dankolatarmabar menyampaikan bahwa KIBI Tingkat Elementary diselenggarakan dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan Bahasa Inggris bagi personel Koarmabar, sehingga diharapkan mampu mendukung kegiatan Latihan Bilateral maupun Multilateral Exercise dengan negara lain. Kursus Komputer Tingkat Dasar merupakan kursus yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ilmu dasar tentang pengoperasian komputer, khususnya yang selalu dipakai dalam surat-menyurat. Sementara itu, LDD Bama merupakan pelatihan yang membekali Bintara Bahari dengan pengetahuan tentang takal dasar dan kebaharian yang merupakan salah satu bagian penting dalam mendukung operasional KRI. Sedangkan LDD ATNP, akan membekali para peserta LDD untuk dapat mengawaki dan mengoperasikan peralatan navigasi dan komunikasi dalam olah gerak kapal baik berlayar individu maupun dalam suatu satuan tugas.

Dalam kesempatan tersebut, Dankolatarmabar menekankan kepada para peserta kursus dan LDD agar menanamkan tekad, semangat dan motivasi yang tinggi untuk belajar, berlatih dan menempa diri menjadi prajurit yang profesional. Untuk itu, agar memanfaatkan waktu pendidikan yang relatif singkat ini seoptimal mungkin untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan karakter yang dimilikinya.

Peserta Kursus dan LDD tersebut berasal dari Mako Koarmabar, KRI, Pomal, Marinir serta Jajaran Lantamal dengan jumlah 60 orang yang terdiri dari KIBI 20 orang, Kursus Komputer Tingkat Dasar 20 orang serta LDD Bama 10 orang dan LDD ATNP 10 orang. Adapun lama pelaksanaan Kursus dan LDD berlangsung selama 1 bulan kecuali KIBI Elementary yang berlangsung selama 3 bulan.(Kamal/ Dispenarmabar)

loading...