PB, Jakarta- Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M meresmikan dua lembaga baru yang berkedudukan di bawah Seskoal yaitu Pusat Penjaminan Mutu (P2M) dan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) di Loby Gedung Memet, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (29/02).

Peresmian tersebut disaksikan Wadan Seskoal Laksma TNI Dr. Ir. Antonius Djonie Gallaran, M.M, Calon Wadan Seskoal Laksma TNI Sulistiyanto, S.E, M.M, M.Sc, Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo, S.Pi, M.Tr (Han), M.A.P, Paban III Persdik Disdikal Mabesal serta para Pejabat Utama Seskoal.

Terbentuknya kedua lembaga ini sebagai penyelenggara Program Pendidikan Magister Terapan (S2 Vokasi) Politeknik TNI AL yang berkedudukan langsung dibawah Komandan Seskoal dan dijabat oleh Direktur Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (Dirjian Bangdik) Kolonel Laut (P) Iswan Sutiswan, S.E untuk P2M sedangkan P3M dijabat Direktur Pengkajian Strategi dan Operasi (Dirjianstraops) Kolonel Laut (P) Agus Priyatna, S.T.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M menyambut gembira terbentuknya 2 lembaga baru ini karena merupakan tonggak sejarah dimulainya Seskoal menuju pendidikan vokasi yang bermutu yaitu Seskoal sebagai Naval and Maritime Science center of excellence melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam pertahanan negara matra laut.

“Hari ini merupakan hari yang sangat kita nanti-nantikan. Ini adalah sebuah pengakuan, amanah dan kehormatan kita bersama sebagai lembaga pendidikan tertinggi di TNI AL,”ujarnya penuh rasa bangga.

Pejabat nomor satu di Seskoal itu merasa bangga karena atas usaha keras segenap personel Seskoal, akhirnya mampu mewujudkan impian Seskoal untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi Magister Terapan Strategi Operasi Laut sehingga nantinya dari Bumi Cipulir inilah akan dilahirkan para master dan ahli perang yang nantinya akan menjadi pemimpin menuju kejayaan maritim.

Pada bagian lain Laksamana bintang dua ini mengatakan bahwa P2M dan P3M merupakan organisasi yang dibentuk sebagai sarana untuk akreditasi Perguruan Tinggi sesuai ketentuan yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi-Dikti yaitu Badan yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan Akreditasi, yaitu sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan konfrehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada peningkatan standard mutu pendidikan.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan berita acara, penekanan tombol persemian, penyerahan dua dokumen P2m dan P3m kepada kedua pejabat tersebut serta pemotongan tumpeng oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos, S.H, M.M dan diserahkan kepada Ketua P2m dan Ketua P3M.(Kamal/ Seskoal)

loading...