PB, Jakarta – Ketika melihat sebuah foto yang menampilkan bangunan dengan pilar yang menjulang tinggi, hingga memperlihatkan betapa kecilnya manusia yang sedang berdiri di sampingnya, kita akan membayangkan itu adalah sebuah gedung.

Ketika membaca pengantarnya, ternyata pilar setinggi 25 meter dan membentang seluas 177 meter adalah sebuah bangunan untuk menyerap air yang dibangun untuk menampung air di Jepang.

Lokasi penyerapannya berada 19 mil dari kota Tokyo, proyek yang dinamakan G-Cans Project ini dibuat untuk menyerap air agar Kita Tokyo bisa terhindar dari banjir ketika musim badai.

Proyek ini menelan biaya sebesar 200 juta yen atau setara dengan Rp. 22,5 milyar dan memerlukan waktu selama 17 tahun untuk membangunnya.

Lokasi penampungan ini berada di bawah lapangan sepakbola, di daerah Kasukabe, sebelah timur saitama, yang memang dikenal sebagai daerah yang rawan terkena banjir.

Besarnya lokasi dan tingginya serapan ini mampu menampung 5 sungai yang berada di sekitar wilayah Tokyo, dan hasil penampungan air sebanyak 200 ton, kemudian di pompa dan dialirkan melalui  sungai Edo.

Berada di bawah tanah membuat lokasi ini terlihat sedikit menyeramkan, namun tidak mengurangi keinginan masyarakat Jepang untuk dijadikan kunjungan wisata.

Tidak dipungut bayaran, alias gratis, namun untuk masuk anda harus mengantri karena pengunjung memang dibatasi jumlahnya, sementara jika ingin masuk anda diharuskan berolahraga pemanasan terlebih dahulu.

Tempat ini juga pernah dipakai untuk pembuatan iklan, dan film seri Kamen Rider dalam episode terakhir menggunakan lokasinya disini.

Jika ini dibangun di Jakarta, bisa dipastikan tidak perlu repot untuk meminta pihak TNI AL masuk hanya untuk mencari tahu apa yang mengakibatkan banjir di Jakarta.

(Jall)

loading...