PB,PURWOREJO – Pengurus Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) “Kalimantan” cabang Kabupaten Purworejo audensi dengan Buapti Purworejo Agus Bastian, Selasa (15/3/2016). Kedatangan pengurus YLPK itu untuk memperkenalkan keberadaan dan program kerja YLPK selama menjalin kerjasama dengan kepala daerah sebelumnya.

Kewuh Heru Prasetyo Jati, Pimpinan YLPK cabang Purworejo mengatakan, selain itu juga menawarkan agar bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan membantu mewujudkan revolosi mental. “Dalam kesempatan itu juga digagas perlunya pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang sampai saat ini belum ada di Purworejo. Pembentukan BPSK dimotori oleh YLPK,” katanya.

Kata Heru, YLPK juga mendorong segera dibuat draf komposisi BPSK yang berhubungan dengan Kementerian Hukum Dan Ham dan selama ini belum pernah diagendakan oleh pemeritah daerah. Tugas BPSK untuk membantu penyelesaian sengketa antara pelaku usaha dan konsumen diluar pengadilan.

Dalam pertemuan itu juga banyak dimunculkan wacana-wacana kerjasama antara YLPK dengan pemerintah daerah. Salah satunya adalah wacana dari Bupati Agus Bastian tentang pendirian koperasi di setiap desa yang ada di Kabupaten Purworejo dengan program satu desa satu koperasi. Dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jajaran YLPK Kalimantan Cabang Purworejo saat Audensi Dengan Bupati Agus Bastian(1)Dalam program satu desa satu koperasi itu nantinya YLPK akan ditempatkan sebagai pengawas dan akan berkoordinasi dengan Kabid Koperasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata(Disperindagkoppar) Kabupaten Purworejo. “Salah satu tugas pokok YLPK adalah mengawasi kinerja koperasi agar tidak keluar dari koridor yang sudah ditentukan” ucap Heru.

 

Heru berharap, dengan adanya udensi itu nantinya akan ada sharing antara YLPK dan pemerintah daerah sehingga kedepan YLPK akan dilibatkan dalam program-program pemerintah. “Harapanya YLPK dan pemerintah daerah bisa bersinergi terjalin kerjasama khusunya dalam bidang yang berkaitan dengan perlindungan konsumen,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Agus Bastian menyambut baik pertemuan itu dan berharap YLPK bisa ikut berperan serta dalam proses pembangunan di Kabupaten Purworejo khususnya yang berhubungan hak-hak konsumen.“Pemerintah daerah wajib melindungi warganya, karena itu keberadaan dan peran YLPK sangat penting sekali,” ucap bupati.

Bupati berharap dengan peran serta YLPK dalam proses pembangunan di kabupataen purworejo akan menambah wawasan masyarakat tentang hak-hak konsumen dan kewajiban produsen. “Harapan saya YLPK nantinya bisa memberi pemahaman tentang apa saja yang menjadi hak konsumen dan produsen,”tambahnya.

YLPK “Kalimantan” Cabang Purworejo beralamat di Jl. Mojopahit No 26 Purworejo Tlpn (0275) 323015 berdiri sejak 26 Januari 2013.  Dalam kiprahnya sudah banyak sekali menangani kasus-kasus besar dan kecil.

Wilayah kerjanya tidak terbatas hanya di Purworejo saja, melainkan juga menangani pengaduan di luar daerah bahkan sampai luar pulau Jawa. Dari sekian banyak pengaduan yang ditangani YLPK “Kalimantan” Cabang Purworejo tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Karena itu tidak mengherankan kalau keberadaan YLPK ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Kasus-kasus yang ditangani YLPK ini diantaranya terkait perbankan, sengketa tanah, eksekusi hak tanggungan dan perselisihan antara perusahaan dan karyawan, sampai utang piutang. YLPK “Kalimantan” Cabang Purworejo dipimpin oleh Kewuh Heru Prasetyo Jati dan dibantu oleh Muh. Andika Perdana (Sekretaris), Cahyo Adi Saputro (Divisi Kelembagaan), Aditya Budi Permana (Divisi Pengaduan) dan Heru Budiono (Divisi Operasional). (WARDOYO)

loading...