PB Jakarta.  Kawasan perparkiran yang berada di sekitar kawasan perkantoran kebayoran baru, sepanjang Jl. Raden Fatah Raya dimana terdapat mabes Polri, Kemen PU – PR, Sekolah Al-Azhar pusat, merupakan kawasan parkir on street yang sangat padat.

“Kami sudah melakukan penataan parkir di wilayah ini termasuk membuat marka parkir sejak dua minggu lalu untuk kelancaran lalu lintas disini. Sekarang lalu lintas di kawasan ini sudah lancar” demikian penjelasan Martono, Kepala UP Perparkiran Jakarta Selatan.

Pantauan yang dilakukan Suara Rakyat Merdeka.com (31/3/16) di lokasi memang arus lalu lintas sangat lancar dan kawasan parkir tertata dengan baik.

Sayangnya pihak kecamatan Kebayoran Baru melalui camat Fidiyah melakukan tindakan melarang parkir di lokasi tersebut. Bahkan camat Kebayoran Baru melakukan tindakan sangat arogan dengan menyuruh mencopot seragam resmi Erwin, salah seorang korlap juru parkir resmi, dengan alasan korlap juru parkir resmi UP Perparkiran bukan PNS. Padahal institusi parkir jelas berada di bawah Dishub DKI. Camat kebayoran baru mengancam akan membawa para juru parkir resmi akan dibawa ke Dinas Sosial karena dianggap liar oleh camat. Tindakan arogan tersebut sangat menyinggung perasaan yang bersangkutan. Pihak Kecamatan Kebayoran Baru juga mencabut plang tanda tarif resmi parkir yang ada di sekitar lokasi tanpa koordinasi dengan UP Perparkiran.

Pihak UP Perparkiran mempertanyakan kewenangan camat melarang parkir di lokasi tersebut. Karena berdasarkan aturan yang ada pihak UP Perparkiran yang punya wewenang mengeluarkan ijin maupun pelarangan parkir.

Saat kami meminta tanggapan warga pengguna parkir, Hari berpendapat “Sejak kawasan parkir Jl. Raden Fatah Raya ditata dengan membuat marka parkir serong, arus lalu lintas sekitar menjadi lancar. Sayangnya sejak adanya larangan parkir di depan Sekolah Al Azhar, saya kesulitan mencari tempat parkir karena tempat parkir di area dalam sekolah terbatas”

Penjemput lain Karim menambahkan “Hal tersebut menyulitkan penjemput terutama yang memiliki anak-anak yang masih kecil”

Hasil pantauan, dari sepanjang Jl. Raden Fatah Raya, hanya area di depan sekolah Al Azhar yang dilarang parkir, sehingga pihak Kecamatan Kebayoran Baru terkesan tebang pilih dalam menerapkan larangan parkir di kawasan tersebut.

Saat akan dikonfirmasi, camat Kebayoran Baru sangat sulit ditemui, walaupun sudah tiga kali kami mendatangi kantornya. (Monty)

loading...