PB, Kendari : TNI-AD pada tahun 2016 ini menargetkan akan mencetak 12.500 Ha sawah baru di Sultra. “Sampai akhir tahun 2016 ini bisa rampung semua seluas 12.500 Ha” ujar Danrem 143/HO Kolonel CZi, Rido Hermawan melalui Kepala Penerangan Korem 143/HO Mayor Inf. Azwar Dinata, SH kepada pembawaberita.com Sabtu (9/4/2016).

Dikatakannya hingga  saat ini  pihaknya telah merealisasikan percetakan sawah baru sekitar 2000 Ha atau 16% dari total 12.500 Ha. “Sisa dua kabupaten lagi yang belum action yakni Muna Barat dan Kolaka Utara ” ujarnya lagi.

Kata dia, 7 kabupaten lain  yang menjadi sasaran percetakan sawah baru  yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Buton Tengah dan Kabupaten Bombana saat ini tengah dikerjakan. “Progres di lapangan mencapai 60 Ha perhari” katanya.

Azwar menambahkan belum tersentuhnya kabuapten Muna Barat dan Kolaka Utara disebabkan belum  dikeluarkannya SID (Survey Investigation Design) sebagai dasar usulan percetakan sawah baru dari Dinas Pertanian setempat. “Kalau sudah ada SIDnya kami sudah kerja, karena penyusunan SID tersebut termasuk besaran potensi dan wilayah mana saja yang diusulkan akan dicetak sawah baru” pungkasnya. (Enel-Sultra)

loading...