PB, Tanjung Balai Karimun -Tim Western Fleet Qiuck Response (WFQR) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koamabar) berhasil mengamankan sebuah kapal motor yang diduga mengangkut narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (Narkoba) di Perairan Selat Philip, Jumat (8/4).

Kapal Motor (KM) tersebut bernama Anugrah Ilahi berbobot GT 5 diawaki oleh empat anak buah kapal. Kapal tersebut diamanakan Tim WFQR 4 saat berpatroli menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Welang di Selat Philip. KM Anugrah Ilahi berhasil terdeteksi pada posisi 01° 01’ 30” Lintang Utara dan 103° 44’ 00” Bujur Timur di Selatan Pulau Philip sekitar 1.4 nautika mil dari Pulau Cula Kepulauan Riau. Selanjut dilakukan pemeriksaan oleh personel KAL Welang.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kapal berlayar dari Tanjung Batu dengan tujuan Batam. Kapal tersebut dinahkodai Jumaling dan tiga orang anak buah kapal (ABK). Di dalam kapal juga ditemukan alat pengisap narkoba jenis shabu serta dua butir tablet obat yang masih belum diketahui nama atau jenisnya.

Menurut pengakuan nahkoda  beberapa ABK memang menggunakan narkoba. Dari interogasi Tim Pemeriksa KAL Welang terhadap para ABK berhasil memperoleh nomor handphone pengedar narkoba.

Guna proses pemeriksaan lebih lanjut, kapal, muatan, nahkoda dan ABK dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun.

(Kamal/Dispen Armabar)

 

loading...