PB, Jakarta – Sebanyak 60 pesawat TNI AU dari berbagai jenis, unjuk kebolehan dalam demo udara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-70. yang dilaksanakan di Taxyway Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (9/4).

Tema peringatan hari jadi TN AU ke 70 tahun 2016 ini adalah “Diiandasi Moralitasi,” lntegritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI Angkatan Udara Siap mengamankan Wilayah Dirgantara Dalam Rangka Penegakkan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI”. Tema tersebut, menyiratkan adanya komitmen yang kuat dan’ TNI AU dalam melaksanakan tugas sebagai penegak kedaulatan wilayah udara dan hukum di dirgantara.

Kamal LaNganroKepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, dalam HUT TNI-AU yang ke-70 (9 April 1946 – 9 April 2016) menjadi momentum penegasan kembali doktrin TNI-AU.

“Ini hari ulang tahun ke 70 kita menunjukan jadi apa yang kita butuhkan ke depan. Jadi ada formasi composide straik adalah operasi udara yang ada sesuai doktrin suabuanapaska,” tutur Marsekal TNI Agus Supriatna.

Kasau Marsekal Agus Supriatna mengatakan, seluruh atraksi, baik darat dan udara, merupakan atraksi operasi strategis.”Kami menunjukkan apa yang dibutuhkan ke depan. Operasi strategis, di mana kami harus menyerang langsung sebelum pasukan lain masuk,” ujarnya
.
Pada demo udara yang terbuka untuk masyarakat itu, pesawat-pesawat TNI AU melaksanakan berbagai atraksi udara, seperti flypass composite strike pesawat tempur, #ypass simulasi serangan udara langsung (SUL), dISpIay tim JAT, bomb burts, high speed past serta penarikan banner.

halim pkPada demo composite strike, sebanyak 16 pesawat tempur, yang terdiri dari 4 pesawat Sukhoi Su-27/30, 4 pesawatnya F-16, 4 pesawat Hawk 100/200 den 4 pesawat T-50i, akan mendemontrasikan serangan udara strategis (OSUS). Selain itu, empat pesawat T-50i juga mendemostrasikan Serangan Udara Langsung (SUL). Tidak kalah menariknya adalah Hypass oleh 16 pesawat Iatih Grob G-120 TP dengan membentuk angka “70” serta manuver cantik tim JAT yang diperankan oleh 6 pesawat KT-1 Woong Bee. Selain itu, dua pesawat C130 Hercules menerjunkan ratusan prajurit Paskhasau.

Santi - Radio Cakrawala 98Selain demo udara, pada peringatan HUT TNI AU ke-70, juga ditampilkan demo darat, berupa simulasi perang kota oleh prajurit Korpaskhas. Pada simulasi ‘perang kota. prajurit Paskhas memperagakan berbagai taktik, strategi dan ketrampilampertempuran darat.

Pasukan upacara terlibat sebanyak 1.820 orang yang terdiri dari dua brigade. Brigade upacara l terdiri dari satu batalyon Pamen gabungan, satu batayon Pama gabungan, satu batalyon gabungan taruna AAU, Wara dan Pomau, satu batalyon air crew. Brigade upacara ll, terdiri dari satu batalyon Paskhas,ONS dan kelompok Potdirga.

Pada puncak perayaan hut TNI AU ke 70 ini,Juga dihadiri, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono,Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Anggota DPR RI Dan Tamu Undangan lainnya,serta ribuan warga antusias menghadiri Hari Ulang Tahun TNI AU ke 70 ini.

(Kamal)

loading...