PB, Kendari : Mengantisipasi penggunaan narkoba di lingkungan satuan kerjanya, Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Agus Waluyo, SIP. bertekad akan selalu  melakukan pemeriksaan dadakan bagi anggotanya. Pantauan pembawaberita.com Senin (18/4/2016) sekitar 50 orang personel Kodim 1417/Kendari mengikuti test urine yang digelar di Makodim 1417/Kendari. “ini sebagai bentuk jawaban dari perintah Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang menyatakan perang terhadap narkoba sebagaimana yang di kumandangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo’ Ujar Agus kepada pembawaberita.com disela kegiatan. Menurut Agus pemeriksaan urine tersebut dilakukan secara acak kepada anggotanya yang diduga memiliki kemungkinan  menggunakan narkoba, tak terkecuali  bagi perwira yang ada di jajarannya. “Idealnya memang semua anggotanya bisa mengikuti test urine, sehingga bisa mengetahui dengan cepat ada atau tidaknya anggota yang positif pengguna narkoba” ujar Agus lagi.

Dikatakannya pula test  urine yang dilakukan kali ini  diikuti oleh 50 orang, terdiri dari 23 orang perwira dan 27 orang Babinsa. “Selama kurun waktu 3 bulan ini Kodim 1417/Kdi,  sudah melakukan test urine secara dadakan sebanyak 2 kali” sebut Agus. Kata dia hingga kini telah  tercatat 210 personel Kodim 1417/Kendari yang telah melakukan tes urine. ‘Alhamdulillah belum ada yang ditemukan positif sebagai pengguna narkoba ataupun menjadi pengedar narkoba” ujar Dandim yang menjabat sudah hampir 1,5 tahun tersebut.

Selain melakukan test urine dadakan, juga dilakukan  penyuluhan kesehatan dengan tema ‘Pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS , Narkoba, Penyakit Malaria, Hepatitis, Demam berdarah,Penyakit Virus Zika, Penyakit Jantung, Dan Kecelakaan Kesamaptaan Jajaran Korem 143/HO TW-II TA.2016” . Bertempat di Aula Serbaguna diikuti, dalam arahannya Dandim 1417/Kendari kepada sekitar 290 anggotanya   menekankan untuk  tidak terjerat Narkoba. “Ciptakan hidup sehat tanpa narkoba,  bangun budaya dan perilaku hidup sehat mulai dari lingkungan keluarga sampai ke lingkungan kerja dan masyarakat” pinta Agus.

Dandim 1417/Kendari juga menegaskan tujuan penyuluhan  tersebut adalah untuk merubah perilaku individu, prajurit Kodim 1417/Kendari dan keluarga dalam membina dan memelihara perilaku hidup sehat dan lingkungan sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan konsep hidup sehat. (Enel-Sultra)

loading...