PB, Bekasi -Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. didampingi sejumlah staf melakukan kunjungan kerja ke galangan kapal PT Tesco Indomaritim di Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/4). Dan diterima langsung Direktur Utama PT. Tesco Indomaritim, DR. Jamin Basuki dengan beberapa stafnya.

Dalam kunjungannya di lokasi galangan kapal tersebut, Pangkolinlamil mendapat penjelasan langsung dari Direktur Utama PT. Tesco Indomaritim, DR. Jamin Basuki mengenai kemampuan galangan nasional dalam membangun berbagai kebutuhan kapal nasional.

Pangkolinlamil berkesempatan melihat sejumlah fasilitas lokasi industri yang mulai beroperasi pada 1990 itu, seperti fasilitas permesinan, workshop pemotongan plat, graving dock, serta sejumlah kapal yang tengah dibangun. Tidak ketinggalan diberikan penjelasan tentang K3 (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan) oleh salah seorang staf Safety Officer dan juga profil perusahaan.

“PT. Tesco Indomaritim merupakan perusahaan galangan kapal swasta nasional yang didirikan pada tahun 1989, memiliki kemampuan membangun Kapal Cepat dan suku cadang yang terbuat dari material Plat Aluminium dilengkapi dengan Sistem Penggerak Propeller atau Waterjet. Perusahaan ini telah mengerjakan beberapa kapal pesanan dari TNI AL diantaranya Landing Craft Vehicle Personel 12 Meter, Fast Patrol Boat 28 Meter dan Landing Carrier Utilities 24 Meter.Repowering di kapal tunda milik Port Authority untuk mesin utama dan mesin bantu,” jelas Basuki.

Basuki menjelaskan bahwa perusahaannya telah bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut sejak tahun 1997 saat melakukan Program Repowering pada berbagai jenis kapal. Dan Perusahaannya juga memproduksi Propeller, tabung Stern, shafting, Rudder dan Kort Nozzle yang menggunakan metode perhitungan yang tepat atas dasar spesifikasi dari Kapal dan dengan rekomendasi Propulsion System untuk mencapai kinerja yang optimal dari Kapal.

“Sebelumnya telah bekerjasama dengan pihak perusahaan galangan ini mulai dari Crew boat yang telah dioperasikan untuk kapal antar jemput bagi anak buah kapal, dari mako Kolinlamil ke KRI yang tengah lego jangkar di Teluk Jakarta hingga Landing Craft Utility (LCU) untuk melengkapi di dua KRI jenis Landing Platform Dock (LPD) yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593″ tambahnya.

Sebelum meninjau lapangan Pangkolinlamil menjelaskan tujuannya Kunjungannya beserta staf  kepada Dr. Jamin Basuki yang berkaitan dengan peningkatan pembinaan kemampuan alutsisita yang dimiliki Kolinlamil dalam mendukung tugas-tugas TNI/TNI AL yaitu operasi Militer selain perang dukungan angkutan laut nasional serta kegiatan protokoler yang seringkali diselenggarakan di Kolinlamil karena berada di tempat strategis.

“Kunjungan ini untuk meninjau situasi PT Tesco Indomaritim, karena ke depannya, kemungkinan akan ada pembuatan kapal baru dan perbaikan-perbaikan KRI yang ada di Kolinlamil,” ujar Pangkolinlamil

Saat meninjau lapangan, Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. juga melihat-lihat propeler kapal serta kapal-kapal yang sedang dibangun dan diperbaiki di galangan PT Tesco Indomaritim mulai dari kualitas bahan plat alumunium hingga propeller dan komponen lainnya yang digunakan dalam membangun sebuah kapal..

Selama kegiatan peninjauan lapangan berlangsung, Pangkolinlamil dan staf menanyakan kepada Baasuki hal-hal yang ingin mereka ketahui mengenai proses pembangunan kapal peralatan pendukung dan material yang digunakan.

Diakhir peninjauan Dirut PT Tesco Indomaritim Dr Jamin Basuki masih memberikan penjelasan kepada Panglima seraya meyakinkan bahwa perusahaan mereka besar dan mempunyai kemampuan produksi. Perusahaan kami tidak hanya di Jakarta Utara dengan areal lahan 140.000 meter, tapi juga berada di Surabaya memiliki areal lahan 1.600 meter. Disamping itu perusahaan ini juga memiliki kantor perwakilan di Balikpapan, Makassar dan Samarinda” tambahnya mengakhiri pertemuan.

Turut hadir mendampingi pangkolinlamil, Asrena Pangkolinlamil, Kadisharkap, Kadismatbek dan Koorsmin Pangkolinlamil.

(Kamal/ Dispen Kolinlamil)

 

 

 

loading...