PB, Kendari:  Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W. SH. melalui Pjs Perwira Staf Administrasi dan Logistik (Pasminlog) Kapten Laut (P) Darus Nur Salam  mengatakan Lanal Kendari  membuka pendaftaran   Calon Bintara  PK TNI AL 2016/2017 untuk wilayah  Sulawesi Tenggara. “Ini kali yang pertama penerimaan Bintara dilaksanakan di sini (Lanal Kendari red) dalam sepuluh tahun terakhir, kalau penerimaam Tamtama setiap tahun Lanal Kendari selalu membuka pendaftaran” ujar Darus kepada pembawaberita.com di ruang kerjanya (22/4/2016)

Kata dia  ada beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi ketika akan melakukan pendaftaran. Persyaratan tersebut terdiri dari persyaratan umum, persyaratan lain dan persyaratan tambahan. Persyaratan umum meliputi: Warga Negara Indonesia (WNI), beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 dan berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama. Selain itu tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polres setempat), sehat jasmani dan rohani serta tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

lanal kdiDitambahkannya Calon Bintara harus berijazah minimal lulusan SMA/MA/SMK (bukan Paket C) sesuai kebutuhan jurusan (kebutuhan keahlian/program studi akan ditentukan kemudian), dengan nilai rata-rata UAN 6,0 atau kelas 12 dengan nilai rata-rata raport semester satu tidak kurang dari 6,5 dan sudah terdaftar sebagai peserta UAN, tinggi badan tidak kurang dari 163 cm untuk Caba Pria dan 158 cm untuk Caba Wanita, dengan berat badan seimbang, belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama mengikuti pendidikan pertama dan selama dua tahun setelah selesai mengikuti pendidikan pertama, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Sersan Dua dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. “Persyaratan tambahan melliputi bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS, tidak buta warna, tidak berkacamata, tidak bertato dan tidak bertindik maupun bekasnya serta memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK) sesuai dengan tempat pendaftaran yang terdekat” ujarnya lagi.

Darus juga menyebutkan animo masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mendaftar menjadi prajurit TNI AL sangat tinggi. “Hingga saat ini suda ada seratusan orang yang mendaftar” imbuh perwira tiga balok di pundak itu.

Dikatakannya penerimaan Calon Bintara PK TNI AL 2016/2017 dibuka sejak tanggal  28 Maret lalu dan akan berakhir  hingga 28 April mendatang. “Pendaftaran dilakukan secara online melalui website penerimaan prajurit TNI di alamat http://rekrutmen-tni.mil.id. Kemudian calon datang langsung ke Mako Lanal Kendari  Jl. R.E. Martadinata No.1 Kesillampe Kendari dengan menunjukkan dokumen-dokumen asli dan menyerahkan fotokopi satu rangkap  yang telah dilegalisir” pungkasnya. (Enel-Sultra)

loading...