PB Jakarta : Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Prof. Dr. Ir. H. Andi Bahrun, M.AgricSc. mengatakan dalam meningkatkan daya saing menghadapi perdagangan bebas Asean (MEA),  pihaknya telah menggagas berbagai macam program unggulan. Salah satu program yang akan diluncurkan tersebut  adalah program Beasiswa Bidik Siswa Potensial Pedesaan.

“Program itu  berbasis pada peningkatan  sumber daya manusia di Pedesaan atau Human Resources Base” ujar Andi Bahrun kepada pembawaberita.com melalui selulernya (25/4/2016) melalui selulernya.

Dikatakannya program tersebut diilhami oleh tersedianya sumberdaya manuasia dan sumber daya alam  yang ada di pedesaan yang belum termanfaatkan secara optimal.

“Secara akademik potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di desa tersedia hanya saja mereka tidak memiliki kemampuan ekonomi” ujar Pakar Pertanian tersebut.

andi bahrun 1Oleh karena itu kata dia ketersediaan potensi SDM tersebut perlu dikelola dengan baik dengan memberikan peluang dan kesempatan kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi  (PT),  sehingga mereka mampu untuk mengabdikan ilmunya dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah yang tersedia di desanya.

“Dengan demikian kami harapkan mereka dapat berdaya dalam mengelola SDAnya sendiri” katanya lagi.

Ditambahkannya, sebagai bentuk kepeduliannya dalam membangun SDM di Pedesaan sekaligus menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),   pihaknya tengah merencanakan pembukaan program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat pedesaan tersebut.

” Saat ini kami tengah merencanakan  untuk  membuka program studi Teknik Pertambangan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Teknik perencanaan Wilayah dan Kota, Agribisnis serta Administrasi Publik” pungkas Guru Besar Fakultas Pertanian UHO tersebut. (Enel-Sultra)

loading...