PB, Jakarta – Kepemilikan lahan sawah di daerah Sumatera Selatan, saat ini memang dirasakan sudah saatnya memerlukan lahan baru, demi tercapainya swasembada pangan, khususnya beras.

“Nilai itu (beras) lebih prospek dibandingkan yang lain-lain, namun tujuannya utama kami ingin membantu daerah lain di Indonesia untuk mendapatkan beras dari dalam negeri,” ujar Sakim NB Homandala, dalam acara Pengukuhan Pengurus Koperasi Kreasi Indonesia (KKI).

Namun sayangnya Sakim Selaku Ketua KKI Provinsi Sumsel, saat ini tidak memiliki data lengkap terkait dengan jumlah lahan yang sedang yang menjadi garapan, maupun jumlah produksi beras di Sumatera Selatan.

“Tapi saya sempat melakukan penelitian langsung kepada petani, dan mendapatkan jika jumlah tanah milik petani saat ini memang bisa dikatakan belum memenuhi kebutuhan dasar mereka,” kata Sakim di Gedung Serbaguna Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Senin (2/5).

Sakim mencontohkan kondisi di Sumsel, jika setahun 2 kali panen dengan luas 1 hektar, maka didapat 16 ton, namun semua itu tidak akan mencukupi mengingat ada modal awal, baik itu pupuk, kebutuhan mendasar lainnya dan juga teknologi tepat guna bagi petani agar bisa memiliki sedikit kelebihan penghasilan, daripada saat ini.

Sakim berharap agar program yang dicanangkan Koperasi Kreasi Indonesia dengan pemerintah pusat dapat berjalan dengan baik, bahkan Sakim menginginkan jika bukan hanya pertanian, namun dalam peternakan juga bisa dikembangkan untuk wilayah Sumsel.

Sementara itu Heikal Safar Ketua Umum Heikal Center dan juga salah satu pengurus pusat Rumah Kreasi Indonesia Hebat yang diwawancarai terkait dengan program pencanangan kebutuhan sandang pangan, melalui program pemanfaatan lahan tidur, mengakui jika saat ini masih banyak warga masyarakat yang memerlukan ketersediaan pangan, yang cukup dari dalam negeri.

“Hal inilah yang ditangkap oleh Koperasi Kreasi Indonesia, jika pemanfaatan lahan ini sudah seharusnya segera dilaksanakan, demi mengurangi ketergantungan kepada negara luar, akan impor beras khususnya,” ujar Heikal, yang diwawancarai secara terpisah.

Dalam semangat visi dan misi Heikal Center, pemerataan akan swasembada pangan juga merupakan salah satu program Heikal Center dalam Ekonomi kemasyarakatan.

(Jall)

loading...