PB, SurabayaPanglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menghadiri acara Seminar Nasional TNI Angkatan Laut dalam rangka Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) yang ke-70 Tahun 2016 di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB), Surabaya. Rabu, (4/5).

Mengawali kegiatan ini, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Arie Henrycus Sembiring mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P., membuka acara Seminar Nasional TNI AL dengan tema “Pengembangan sistem pendidikan TNI AL yang terintegrasi guna membentuk prajurit yang berkarakter”.

Dalam sambutan Kasal yang dibacakan oleh Wakasal menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Rektor Perguruan Tinggi, Civitas Akademika dan tenaga pendidik yang hadir dalam momen yang sangat penting khususnya bagi TNI Angkatan Laut, penyelenggaraan pendidikan di TNI AL merupakan upaya pembinaan kemampuan dengan tujuan utama untuk membangun Sumber Daya Manusia. Sesuai UU No.12 Tahun 2012 bahwa pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peringatan Hardikal ke-70, Pemimpin TNI AL akan mengembangkan sistem pendidikan yang terintegrasi, bermutu dan berbasis kompetensi, sehingga dapat dihasilkan postur prajurit TNI AL yang berkarakter maritim dalam penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pendidikan TNI AL yaitu Akademi Angkatan Laut (AAL), Kobangdikal, Seskoal, dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL).

Acara seminar nasional TNI AL tersebut menghadirkan moderator  Prita Laura seorang Presenter Metro TV, dan para pembicara seminar yaitu Dr. Arie Budiman (Mewakili Mendikbud) yang menyampaikan tentang Pengembangan model upaya pendidikan berbasis karakter bagi prajurit TNI AL, Prof. Dr. Djaali, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan materi Pengembangan sistem pendidikan TNI AL yang terintegrasi. Wakil BAN PT Prof. Dr. Bambang Wiratmadi yang menyampaikan materi, Standarisasi penjaminan mutu dalam sistem pendidikan TNI AL melalui pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Dan materi tentang Standarisasi kompetensi hasil didik Lembaga Pendidikan TNI AL melalui pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang disampaikan oleh Drs. Sugiyanto, MBA,Ph.D (Mewakili BNSP).

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...