PB, Surabaya- Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., menerima paparan tentang fasilitas Submarine Taining Center (STC) dari Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu mewakili Komandan Satuan Kapal  Selam (Dansatsel) Kolonel Laut (P) Indra Agus Wijaya di Ruang Rapat Pangarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (4/5).

Dalam paparan tersebut dijelaskan tentang STC yang merupakan pusat pelatihan awak kapal selam  terpadu yang di dalamnya terdiri dari berbagai jenis fasilitas simulator.    Keberadaan STC bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme Anak Buah Kapal (ABK) selam guna mendukung TNI AL yang handal dan disegani.

Adapun fasilisitas simulator dalam STC meliputi Submarine Control Simulator (SCS) yang merupakan simulator pelatihan awak kapal selam yang bertugas di Ruang Kontrol Teknis (RKT). SCS juga dapat digunakan untuk melatih personel dalam olah gerak teknis dan taktis kapal selam sesuai prosedur standar dan kedaruratan. Submarine Command Team Trainer (SCTT), Merupakan simulator CIC (Combat Information Center) kapal selam yang dilengkapi dengan sensor (Periskop, Sonar, Radar & CMS) untuk melatih tim CIC/PIT melaksanakan analisa target, taktik periskop, simulator sonar, penembakan torpedo dan melatih taktik peperangan AKPA dan AKS

Selain itu juga terdapat fasilitas simulator Machinery Propulsion Control Simulator (MPCS) Merupakan simulator bagi awak kapal selam untuk memelihara dan meningkatkan kesiap siagaan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan kebocoran di kapal selam serta Fire & Damage Control Simulator (FDCS) merupakan sarana atau fasilitas yang digunakan untuk melatih awak kapal selam dalam mengoperasikan peralatan utama bagian permesinan.

Selain menyampaikan tentang fasilitas STC Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Nanggala-402 juga menyampaikan tentang rencana pembangunan fasilitas pangkalan kapal selam.

Hadir pada acara tersebut Kasarmatim Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos,M.Si.,  serta para pejabat utama Koarmatim.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...