PB PURWOREJO – Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pasar Krendetan yang terletak di Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Rabu (04/05/2016). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti.

Peresmian itu dilakukan di dalam pasar, yang terletak dipinggir jalan raya Purworejo- Yogyakarta. Turut mendampingi Jokowi, Menteri perdagangan Thomas Lembong, Sesneg Pratikno, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwi Payana. Kedatangan Presiden Jokowi disambut oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Kepala Disperindagkoppar Purworejo Suhartini, dan Forkompinda Purworejo.

Jokowi berdialog dengan sejumlah pedagangSebelum meresmikan pasar, Jokowi berpesan kepada para pedagang agar menjaga pasar yang baru dibangun tersebut. “Jaga kebersihanya, jangan sampai ada sampah, dijaga agar pasar tidak bau dan becek, setiap pagi bersama-sama menyapu pasar kita sendiri,” kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga berpesan kepada para pedagang untuk memakai celemek yang telah dibagikan dan melayani pembeli dengan senyuman. “Jangan sampai pedagang didatangi pembeli kok malah merengut, barang ditata yang baik, jangan sampai kalah dengan mal,” pesannya.

Pasar KrendetanUsai meresmikan Presiden Jokowi meninjau pasar dan menemui sejumlah pedagang. Jokowi juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang. Bahkan Jokowi juga membeli beberapa barang kepada sejumlah pedagang Pasar Krendetan. “Nanti soal meja dan kelengkapan pasar lain akan kita tambahkan, saya sudah bilang kepada Pak Menteri untuk mengumpliti sarana pasar ini,” ujarnya.

Maemunah (28), salah satu pedagang yang dagangannya dibeli oleh Jokowi mengaku senang dan bangga. “Bangga banget soalnya sudah nunggu sejak pagi dan bisa ketemu langsung dengan pak presiden Jokowi. Tadi bapak presiden beli ketela Rp 100 ribu,” ucap Maemunah.

Jokowi menandatangani prasastiSetelah selesai berdialog dengan pedagang Jokowi kemudian keluar pasar untuk menemui masyarakat yang sudah sejak siang menunggu kedatangannya. Tanpa sungkan Jokowi kemudian menyalami masyarakat yang berjubel di halaman pasar dan pinggir jalan raya. Tidak hanya itu, jokowi dengan sabar melayani masyarakat dan pelajar sekolah yang ingin berfoto dengannya.

Pasar Krendetan yang terletak di jalan Yogyakarta KM 13, Purworejo pembangunannya menghabiskan dana Rp 6 miliar. Pasar Krendetan yang mampu menampung 285 pedagang itu berdiri di lahan seluas 2. 680 m2 dengan luas bangunan 5.019 m2 . Omzet Pasar Krendetan ditaksir mencapai Rp 1 miliar per bulan. (WARDOYO)

loading...