PB.Com, JAKARTA – Tim Sevilla memastikan diri melangkah ke final Europa League tiga kali secara beruntun musim 2015-2016, klub asal Andalusia ini melaju ke partai puncak setelah menyingkirkan Shakhtar Donetsk di semifinal.

sevilla-fc-2014-logo-wallpaper-61830Wakil Spanyol ini  ke partai puncak setelah di leg kedua, Jumat dinihari (6/5) menghancurkan Donestk dengan skor 3-1 di Ramon Sanchez Pizjuan. Hasil itu membuat Sevilla menang dengan agregat 5-3. Tim asuhan Unai Emery ini berpeluang mengulang sukses di musim 2014 dan 2015. Pada dua musim tersebut, Sevilla meraih gelar kasta kedua kompetisi antar klub Eropa ini.

Sevilla-Football-TeamSevilla-Football-Team-1Sevilla mulai menancapkan kuku di Europa League dimulai pada musim 2006. Satu dekade lalu, Sevilla untuk pertama kali meraih gelar Europa League. Sevilla waktu itu ditangani pelatih Juande Ramos menekuk wakil Inggris, Middlesbrough, empat gol tanpa balas.

Setahun berselang, Sevilla mempertahankan gelar Europa League berkat kemenangan atas sesama tim Spanyol, Espanyol di partai pamungkas,  melalui drama adu penalti.

2014, Los Rojiblancos julukan Sevilla kembali menjadi kampiun Europa League setelah berhasil menumbangkan klub asal  Portugal, Benfica. Hegemoni Sevilla di kancah Europa League semakin kental setelah mereka memastikan gelar 2015 lalu setelah menekuk tim Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk.

sevilla-europa-league-football_3444726Raihan empat gelar tersebut membuat Sevilla menjadi tim tersukses di ajang ini, dengan mengoleksi 4 gelar juara. Bila berhasil merebut gelar tahun ini, Sevilla digjaya di Europa League dengan 5 trofi.

Berbeda dengan waktu sebelumnya, digelaran Europa Leaugue musim ini, upaya Sevilla untuk mempertahankan gelar Europa League lebih sulit. Pasalnya, mereka bakal menghadapi Liverpool, tim yang punya sejarah kental di Benua Biru. Bentrok kedua tim ini juga sekaligus menjadi sejarah pertemuan pertama kedua kubu sepanjang sejarah yang akan dihelat di St Jakob Park, Basel, Belgia, Rabu (18/5/2016) mendatang.

Tidak mudah bagi Sevilla mempertahankan gelar, karena Liverpool  bakal mati-matian demi gelar Eropa yang sudah 15 tahun tidak mampir ke Anfield.

lfcLiverpool menembus partai Final Europa League musim ini setelah meraih kemenangan saat menjamu Villarreal di Stadion Anfield pada leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat dinihari (6/5). Di laga ini Liverpool menang dengan skor 3-0, ini sebagai tebusan kekalahan sebiji gol Si Merah di kandang Villareal.

Liverpool menjadi tim Inggris pertama yang telah 4 kali mencapai final Europa League. Sejauh ini, belum ada tim yang mampu menyamai prestasi Si Merah julukan Liverpool. Si Merah memiliki sejarah panjang di kompetisi kasta kedua ini. Liverpool juara di ajang Europa League musim 1972–1973, 1975–1976, dan 2000–2001.

liverpool-fc-legends-players-pose-for-a-team-photo-before-the-match-picture-id503824302-1Si Merah terakhir menjuarai Europa League 15 tahun lalu. Ketika itu, tim ini berhasil menekuk wakil asal Spanyol,  Deportivo Alaves dengan skor 5-4.

Bila berhasil merebut gelar Europa League musim ini, The Red bakal mengakhiri paceklik di kompetisi Eropa selama lebih dari satu dekade. The Red terakhir juara di kompetisi Eropa musim 2004-2005. Ketika itu, Liverpool juara Liga Champions melalui final dramatis kontra AC Milan di Istanbul, Turki. Sempat tertinggal 0-3 di babak pertama, Liverpool mampu menyamakan kedudukan di babak kedua. Liverpool memastikan diri keluar sebagai juara melalui pertarungan adu penalti.

epa05081307 Liverpool players celebrate with Christian Benteke after he scores the opening goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leicester City at Anfield, Liverpool, Britain, 26 December 2015.  EPA/PETER POWELL EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club/league/player publications

Liverpool tercatat sudah 12 kali menembus babak final di kompetisi Eropa, baik Liga Champions dan Liga Europa. Catatan ini menjadikan The Reds sebagai tim keempat terbanyak yang berhasil menembus babak final di Benua Biru.(Beb)

loading...