PB, Surabaya – Sebanyak lima orang anggota prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya yang telah memasuki masa purna tugas dilepas secara resmi oleh Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono dalam sebuah upacara militer di lapangan apel Markas Komando (Mako) Satlinlamil Surabaya, Senin (9/5).

Kelima anggota Satlinlamil yang mengakhiri masa baktinya tersebut yaitu Peltu Kom (Purn) Sutiyarso; Pelda Bah (Purn) Hadi Handoko; Pelda Saa (Purn) Arief Hidayat; Serma Mes (Purn) Asmadi; Serma Bek (Purn) Suwanto.

Komandan Satlinlamil Surabaya menyampaikan bahwa purna tugas atau pensiun dengan hormat dari kedinasan TNI Angkatan Laut merupakan bagian dari sistem pembinaan personel yang telah ditentukan pemimpin TNI Angktan Laut. Dan purna tugas akan dialami oleh seluruh prajurit maupun PNS di lingkungan TNI Angktan Laut.

Sesuai dangan aturan batas masa dinas keprajuritan bagi anggota TNI yang berpangkat Bintara adalah pada usia 55 tahun. Oleh karena itu, bagi para prajurit hendaknya mempersiapkan diri dan mental jauh-jauh sebelum menjelang purna dan jangan sampai malah mengalami post power syndrome.

“Kita semua pasti akan pensiun tidak mungkin dinas aktif selamanya. Maka jangan sampai ketika pensiun kemudian mengalami post power syndrome, kehilangan semangat, stres atau sakit. Siapkan mental fisik menghadapi pensiun” tandasnya memberi motivasi.

Upacara pelepasan ini sebagai wujud perhatian dari Komandan Satuan atas jasa & pengabdian para anggota kepada bangsa, negara, dan dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut khususnya di lingkungan Komando Lintas Laut Militer tanpa benbuat celah yang merugikan nama baik satuan.

“Dengan upacara purna tugas ini, berarti bapak-bapak telah selesai mengabdi di TNI Angkatan Laut. Berarti akan kembali ke masyarakat menjadi warga masyarakat sipil, untuk itu jadilah contoh teladan yang baik bagi masyarakat kita tinggal dan berikan informasi yang baik tentang TNI AL,”kata Komandan Satlinlamil

Upacara yang penuh dengan hikmah tersebut, dihadiri oleh seluruh pejabat teras, dan para Komandan Unsur/Komandan KRI serta personel militer dan PNS yang ada di jajaran Satlinlamil Surabaya.

(Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

 

 

loading...