PB, Jakarta- Sebanyak 100 Perwira Siswa (Pasis) Kursus Manajemen Srategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-11 TP 2016, menerima ilmu tentang Kebijakan Pengamanan TNI AL TA 2016 dari Asisten Kasal Bidang Pengamanan (Aspam Kasal) Laksamana Muda TNI Agus Heryana, S.E di Hall B, Gedung RE Martadinata,Seskoal  Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (10/05).

Materi diawali dengan penjelasan tentang kebijakan pemerintah  untuk  menjadikan Indonesia sebagai  Negara yang berdaulat dan menjadi Poros Maritim Dunia serta memenangkan pertarungan di Samudera dan Maritim yang tercakup dalam Lima Pilar Poros Maritim Dunia. Untuk itu, tugas TNI AL adalah sesuai dengan pasal 9 UU No. 34 Th 2004 tentang TNI yaitu melaksanakan tugas TNI matra laut bidang pertahanan diantaranya; Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah di ratifikasi, Melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah, Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut dan melaksanakan pemberdayaan pertahanan wilayah laut.

Beberapa materi lain disampaikan Laksamana Bintang Dua ini diantaranya tugas dan kewenangan serta ancaman yang harus dihadapi TNI AL berdasarkan UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, tugas intelijen TNI AL, Kebijakan Panglima TNI bidang intelijen 2016, kebijakan Kasal bidang intelijen 2016, Renstra TNI 2015-2019, Renstra TNI AL 2015-2019,Program dan Giat serta Prioritas Kebijakan Intelijen TNI AL 2016, serta beberapa permasalahan  internal TNI AL yang menonjol yang telah terjadi selama ini.

Acara tersebut turut dihadiri, PgS. Koordos Seskoal Kolonel Laut (P) Gusmaidi, S.Mn., M.M.  dan Patun Seskoal.

(Kamal/Pen Seskoal)

 

loading...