PB, Surabaya – Dalam rangka latihan bersama (Latma) antara TNI Angkatan Laut dan United States (US) Navy dengan sandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016. TNI AL dan US. Navy (USN) melaksanakan Rapat Final Planning Conference (FPC) yang dibuka oleh Paban III Staf Operasi Mabesal (Sopsal) Kolonel Laut (P) M. Zaenal dari pihak TNI AL dan Ketua delegasi USN Commander Destroyer Squadron 7 Captain H.B. Lee dari pihak USN di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (Kolatarmatim), Ujung, Surabaya, Rabu (11/05).
Rapat FPC berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 11-13 Mei 2016. Kegiatan itu diikuti oleh perwakilan delegasi TNI AL dan US. Navy. Dalam kegiatan FPC ini masing-masing delegasi mengadakan diskusi bersama dalam bentuk kelompok/ grup yang terdiri dari beberapa kerja sama latihan, diantaranya, latihan di laut dengan unsur-unsur kapal perang (Sea Phase), pesawat udara (Aviation), operasi amfibi oleh pasukan marinir, simposium kesehatan, pertunjukan seni budaya, dan pertunjukan band.
Diskusi antar kedua belah pihak akan ditindaklanjuti dengan mengadakan survey ke lokasi yang akan menjadi daerah latihan bersama tersebut. Dalam rapat FPC ini akan menentukan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan nanti, sampai saat ini beberapa kelompok diskusi masih membahas kesepakatan kerja sama latihan yang harus mereka lakukan, seperti Aviation, Force Protection, Sea Phases, Amphibious Landing dan lain sebagainya.
Hadir pada acara tersebut Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) Kolonel Laut (P) Ariantyo Condro Wibowo, Athase Laut Amerika di Jakarta Captain Mark Stackpool, serta seluruh perwakilan delegasi TNI AL dan US. Navy.
(Kamal/Dispenarmatim)
 
 
loading...