PB, Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. memimpin apel khusus untuk menginspeksi kesiapan seluruh prajurit dan PNS Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), baik yang berdinas di staf Markas Komando maupun di Kapal Republik Indonesia (KRI), di lapangan apel Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/5).

Menurut Pangkolinlamil, apel khusus seperti ini dilaksanakan untuk menginspeksi kesiapsiagaan setiap anggota, dari aspek kedisiplinan dan kehadiran dalam dinas maupun dalam melaksanakan tugas.

Saat menyampaikan arahannya, Pangkolinlamil mengingatkan kepada seluruh prajurit jajaran Kolinlamil untuk kembali kepada jati dirinya sebagai prajurit TNI Angkatan Laut yang memiliki tanggung jawab kepada Negara dan juga kepada rakyat Indonesia.

“Sebagai prajurit yang mengabdi kepada bangsa dan negara, kita harus menyadari bahwa tugas yang kita laksanakan dipertanggungjawabkan kepada rakyat Indonesia. Gaji, tunjangan jabatan yang kita terima adalah dari uang rakyat Indonesia,” tegas Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos.

“Belakangan ini banyaknya permasalahan yang timbul di kalangan prajurit yang mengarah kepada tindak pelanggaran disiplin maupun pidana disebabkan berbagai latar belakang yang menjadi penyebabnya. Namun sebagai prajurit yang memiliki Sapta Marga dan Sumpah Prajurit tentu pelanggaran merupakan hal yang harus dibenahi. Dan saya berharap di lingkungan kerja Kolinlamil hal hal yang berkaitan dengan pelanggaran hukum dan disiplin harus kita hindari. Kita jadikan Kolinlamil ini sebagai contah bagi lingkungan sekitar kita”, lanjut Pangkolinlamil.

Dalam apel khusus tersebut bertindak sebagai komandan apel dipimpin oleh Kolonel Laut (E) Edi Suhara yang sehari-hari menjabat Asisten Personel Pangkolinlamil.

Pada kekesempatan Apel tersebut Pangkolinlamil juga menyoroti masalah kebersihan di lingkungan Mako Kolinlamil dan sekitarnya. Setiap ruangan baik ruangan kerja, kantin, aula, gudang senjata maupun di kapal perang atau KRI kebersihan harus tetap dijaga dan dipelihara.

“Jaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing, sampah dibuang pada tempat yang telah disediakan dan terutama bagi para perokok agar tidak merokok sembarangan tempat, seperti di mall dan bandara sediakan tempat khusus buat merokok”, jelasnya.

Selain masalah disiplin dan kebersihan, yang tidak pernah henti-hentinya menjadi perhatian Pangkolinlamil adalah keselamatan prajurit dalam berkendaraan. Pangkolinlamil terus menghimbau kepada para prajuritnya untuk selalu berhati-hati dalam berkendaraan, selalu mengikuti aturan di jalan dan menjauhkan diri dari sikap ugal-ugalan.

“Hati-hatilah dalam berkendaraan, jangan mentang-mentang tentara membawa motor dengan ugal-ugalan dan tidak mematuhi aturan lalulintas. Jadilah teladan dijalan bagi masyarakat” pesan mantan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim 2013 ini.

Dan yang juga terus–menerus menjadi sorotan Pangkolinlamil terhadap bahaya yang menghantui para prajurit adalah penyalahgunaan narkoba. Pati bintang dua yang juga mantan Kepala Dinas Hidro-oceanografi ini menekankan kepada seluruh jajaran prajurit Kolinlamil untuk menjauhi dan menghindari barang haram narkoba.

“Saya tegaskan kepada para prajurit untuk segera dan secara tegas jauhkan diri dan hindari diri kita dengan barang haram narkoba. Ingat apa yang sudah kita capai di TNI AL dan keluarga kita dirumah. Jangan Coba-coba dekat dan ikut-ikutan!” tegas orang nomor satu di Kolinlamil ini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Kolinlamil, para Asisten Pangkolinlamil, Kasatker/Kadis, Komandan Satlinlamil dan Komandan KRI jajaran Satlinlamil Jakarta, serta para perwira jajaran Kolinlamil.

(Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

 

loading...