PB Jakarta : Kongkow di resto dan kafe adalah salah satu gaya hidup di kota Metropolitan. Menurut penelitian The Nielsen Regional Retail Highlights, ramainya pengunjung resto dan kafe seperti itu karena konsep tempat dianggap sesuai dengan gaya hidup orang Indonesia, khususnya ibukota Jakarta.

Lokasi yang strategis, harga murah, tempat yang nyaman, menu minuman dan makanan yang variatif, serta cara penyajian yang berbeda tentunya menjadi incaran para pengunjung kafe dan resto di Ibukota. Ditambah lagi kejenuhan di tempat kerja serta, stress yang timbul akibat kemacetan di Jakarta, membuat para pengguna jalan enggan untuk langsung pulang kerumah.

Ajat salah seorang pengguna jalan yang lokasi rumah di daerah ciledug, mengaku kerap mampir di resto-resto seperti itu sehabis pulang kerja, sambil menunggu kemacetan pada jam-jam sibuk terurai. “Daripada kejebak macet, capek, boros bensin, mending nongkrong dulu bareng teman, nyampe ke rumah sama saja, sudah malam,” katanya.

20160511_190131Namun nuansa apa yang tercipta saat para pengunjung cafee, pramusaji dan owner dari satu alumni sekolah yang sama ? Konsep kafe yang sangat berbeda dari kafe-kafe yang ada, digulirkan oleh Para Alumni SMPN 11 Kebayoran Baru dengan nama “TONGKANG 11”. Kafe yang terletak di basement Dharmawangsa Square Kebayoran Baru tersebut diprakarsai oleh Alumni SMPN 11 Angkatan 1984.

Novwan Akbar, salah satu Alumni 11 Angkatan 1984 mengatakan “berawal dari seringnya kami kongkow-kongkow dengan teman-teman alumni SMP, Alhamdullillah sampai akhirnya kami punya tempat untuk kongkow sambil menikmati hidangan sekaligus berkumpul dengan teman-teman saat SMP sambil bercerita sekaligus ajang memori bagi kami.”

Para Pemilik, Pramusaji dan mayoritas pengunjung adalah para alumni 11. Menu yang disajikan ala menu rumahan. kadang ada teman dari alumni yang membawa makanan disini untuk dinikmati.

“Tongkang 11 tidak hanya diperuntukkan bagi Alumni SMPN 11 Angkatan 1984, namun bagi para alumni SMPN 11 angkatan tahun berapapun pada khususnya dan bagi pelanggan lain yang ingin berkunjung pada umumnya.” Lanjut Novwan.

“Hingga saat ini pengunjung yang hadir dari berbagai angkatan,baik angkatan 80 hingga angkatan 90.” Ujar Novwan kembali.

20160511_203830Hal tersebut juga diakui oleh Ade Almatsier yang merupakan Alumni SMPN 11 Angkatan 1983 “Dengan adanya kafe ini, kita akan lebih banyak mengenal dan bersilaturahmi baik dengan teman satu angkatan, kakak angkatan maupun adik angkatan.”

Khacanx, pengunjung dari Alumni SMPN 11 Angkatan 1987 juga membenarkan bahwa Tongkang 11 menjadikan kita menjadi satu keluarga besar alumni yang kuat dan bersatu, sehingga dengan adanya tempat Kongkow tersebut, kita dapat saling memberikan informasi mengenai perkembangan para alumni dan perkembangan tempat sekolah kita dulu. (Hefrizal)

loading...