PB, Muna Barat : Warga Desa Langku-Langku dan Warga Desa Suka Damai  di Kabupaten Muna Barat Jumat (13/5/2015), terlihat sangat antusias mengikuti penyuluhan terpadu yang diberikan oleh Satgas TMMD ke 96 Wilayah Kodim 1416/Muna. Penyuluhan terpadu tersebut meliputi Pembinaan Mental oleh La Ode Masjidil, S.Ag. Kepala Tata Usaha Kantor Kementrian  Agama Kabupaten Muna dan  Penyuluhan Kamtibmas oleh Bripka Sulman dari Kepolisian Sektor Tikep dilaksanakan di Desa Langku-Langku  serta Penyuluhan Ekonomi oleh Berimudin  Kepala Bidang Industri Kecil Menengah Dinas Perindag Kabupaten Muna Barat di Desa Suka Damai.

hendra 01Kepada pembawaberita.com Bripka Sulman  pemateri Kamtibmas mengatakan  melalui kegiatan ini pihaknya mendorong peran serta  masyarakat untuk  aktif termasuk melalui pembentukan Kamtibmas, sadar tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan membantu aparat dalam menuntaskan kasus-kasus kejahatan yang sering terjadi dimasyarakat guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungannya. “Dengan adanya kegiatan ini kita ingin menambah pengetahuan hukum bagi masyarakat Desa langku-Langku’ ujarnya.

Dikatakannya pula sudah sepatutnya masyarakat  menjaga keamanan dan mengetahui produk hukum baik hukum pidana maupun hukum perdata terutama  produk hukum yang sering terjadi dilingkungan masyarakat. “Dengan penyuluhan seperti ini dapat membentuk masyarakat yang sadar hukum sehingga kerawanan sosial yang berdampak hukum dapt tereliminir” ujarnya lagi.

Senada dengan itu :La ode Masjidil, S.Ag. mengatakan program pembinaan mental dan spiritual merupakan program yang menyentuh akal, mengembangkan nilai-nilai moralitas dan spiritualitas  kepada warga masyarakat. Pembinaan mental dan spiritual bertujuan membentuk pola pikir dan sikap warga masyarakat untuk  dewasa dalam segala hal. “Dengan demikian akan tercipta sumberdaya manusia yang dapat bersaing dengan berlandaskan pada kemampuan Ilmu Pengetahuan dengan Keimanan dan Ketaqwaan yang kuat” ujar Masjidil.

hendra 03Lanjut Masjidil, pembinaan mental dan spiritual juga menjadi tolok ukur bagi keberhasilan Pemerintah dalam menjadikan masyarakat yang lebih dinamis demokratis dan partisipatif.

Sedangkan Berimudin kepada media ini mengatakan  Penyuluhan Ekonomi bertujuan memberikan motivasi dan spirit kepada masyarakat desa untuk menjadikan desa sebagai sentra perekonomian. lanjut Berimudin, Masyarakat Desa juga sangat baik untuk mengembangkan  Usaha Kecil dan Menengah karena  sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. ” UKM ini juga sangat membantu pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga” Ujarnya.

Selain itu kata dia UKM juga memiliki fleksibilitas dan daya tahan yang tinggi dalam menghadapi resesi ekonomi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar.

Di lain pihak Asran warga Desa Langku-Langku kepada Media ini mengatakan materi penyuluhan terpadu yang didapatkan dari para pemateri sangat bernilai positif. “Akhirnya kita tau, semua kehidupan bermasyarakat diatur oleh hukum” ujarnya.

Begitupula Sukanto Warga Suka Damai kepada pembawaberita.com mengatakan dirinya sangat termotivasi dengan kegiatan tersebut. “Ternyata banyak peluang ekonomi  yang kita bisa kembangkan di Desa apalagi di Desa telah tersedia dana dari pemerintah” ujarnya.

Sementara itu Komandan Kodim 1416/Muna Letko Arh Hendra Gunawan, SE selaku Dansatgas TMMD ke 96 wilayah Kodim 1416/Muna kepada Media ini mengatakan kegiatan ini adalah salah satu wujud sasaran non fisik dari kegiatan TMMD ke 96  selain kegiatan pembangunan fisik.

Lanjut Hendra, kegiatan ini merupakan suatu hal yang positif karena dapat dijadikan sebagai wadah penampungan aspirasi serta harapan masyarakat terhadap pemerintah daerah. “Dengan adanya penyuluhan seperti ini masyarakat akan menjadi mengerti dan tercerahkan sehingga mereka akan lebih berdaya dalam menghadapi perkembangan zaman” pungkas Hendra. (Enel Sultra)

loading...