PB, Surabaya – Guna menjaga kekompakan dan kebersamaan antar satuan kerja di lingkungan Koarmatim Panglima Komando Armada RI  Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksmana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., mengajak seluruh Pejabat Utama Koarmatim Joy Sailing menggunakan KRI Dewaruci yang berangkat dari Dermaga Madura Koarmatim menuju perairan Surabaya, Selasa (17/05).

Pelaksanaan Joy Sailing selain menjalin silaturahiim antar para Pejabat Koarmatim sekaligus merupakan ajang temu kangen Pangarmatim dengan mantan anak buah dimana saat itu masih menjabat sebagai Komandan KRI Dewaruci berpangkat Mayor pada tahun 1998-2001.

Dalam pelaksanaan Joy Sailing Pangarmatim menceritakan Pengalamannya saat KRI Dewaruci melaksanakan Pelayaran muhibah tahun 2000 mengunjungi Amerika dan mengikuti lomba layar Gold Rush Race California dan berhasil meraih penghargaan sebagai Kapal Layar Tiang Tinggi terpopuler (The Most Populer Tall Ship).

Pada kegiatan itu pula KRI Dewaruci berhasil meraih juara pertama sebagai kapal yang berhasil masuk finish pertama hanya dengan menggunakan layar. Masih ditambah lagi, awak kapal KRI Dewaruci juga menjadi juara pertama lomba dayung di Alcatras. Bahkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat di setiap pelabuhan yang disinggahinya.

Pelayaran muhibah tahun 2000 banyak memberi catatan dan pengalaman tersendiri bagi ABK KRI Dewaruci khususnya Pangarmatim yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan KRI, pelabuhan yang disinggah oleh KRI Dewaruci saat itu, antara lain Kwajalien, Honolulu, Alameda Fransisco, Alca Pulco, Panama, Miami, Norfolk, Baltimore, dan New York serta Boston.

Di akhir acara Joy Sailing Pangarmatim memberikan Goresan tinta yang di tujukan kepada Komadan KRI Dewaruci beserta ABK yang berbunyi “Kebanggaan sebagai ABK Dewaruci akan terjadi jika kita mampu dan berhasil melaksanakan tugas pada misi yang di embankan pada kita untuk itu pertahankan terus kondisi teknis Dewaruci sepanjang masa, karena dengan kapal ini kita dapat mengemban misi perdamaian dunia, persahabatan antar bangsa dan misi budaya Bangsa Indonesia, saya bangga dengan dan ABK, Jalesveva Jayamahe.”

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...