PB, Kendari : Komandan Korem 143/Halu Oleo Kolonel Czi. Rido Hermawan, M.Sc. meminta Gerakan Pramuka tetap menunjukan eksistensi moralnya di tengah semakin tergerusnya nilai-nilai moral bangsa Indonesia dewasa ini. ” Saat ini kita sedang mengalami degradasi moral hingga pada titik nadir yang memprihatinkan yang  mengantarkan kita menjadi bangsa yang tidak memiliki karakter” ujar Rido di hadapan ratusan  Peserta Perkemahan Wira Karya Perguruan Tinggi Keagamaan (WK-PTK) XIII (17/52016).

image(5)Lebih lanjut Danrem 143/HO mengatakan Pancasila sebagai Falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia  memiliki nilai-nilai luhur yang mencerminkan sikap dan perilaku bangsa Indonesia. “Nilai-nilai luhur itu juga termasuk kearifan lokal yang menggambarkan betapa tingginya peradaban kita” ujarnya lagi.

Di hadapan perwakilan mahasiswa perguruan tinggi keagamaan itu, Danrem 143/HO juga mengatakan saat ini peran Mahasiswa sebagai agen perubahan juga mengalami dis orientasi. “Mahasiswa seharusnya memperbaiki semua kesalahan yang ada,  bukan sebaliknya  melakukan pengrusakan dan menghancurkan yang sudah ada” katanya.

image(4)Kondisi ini kata dia semakin memberikan gambaran bahwa pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila di kalangan kaum intelek muda perlu diperbaharui dan ditingkatkan kembali. “Mental dan moral adik-adik perlu diupgrade lagi” tambahnya

image(3)Ditambahkannya untuk membangun Indonesia  menjadi negara yang besar dan kuat, kita tidak boleh melupakan sejarah masa lalu, semangat patriotisme dan nasionalisme yang dimiliki para pahlawan harus kita jadikan modal untuk membangun bangsa Indonesia. “Nilai-nilai luhur dan kultur budaya bangsa Indonesia yang tinggi ditambah  dengan sumber daya alam yang melimpah adalah  modal kita untuk menjadi  negara yang kuat dan  mandiri” pungkasnya.  (Enel-Sultra)

loading...