PB, Bali – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto,  S.H.  M.A.P.  memimpin gelar pasukan Latihan SAR (Search And Rescue) tahun 2016 di Dermaga Umum Pelabuhan Benoa, Bali, Rabu (18/5).

Unsur gelar Pasukan Latsar terdiri dari,  Unsur Laut 1 pleton anggota KRI Teluk Banten-516,  1 pleton anggota KRI Kerapu-812, 1 pleton anggota Lanal Denpasar, 1 Pleton anggota Satkopaska Koarmatim,   1 Pleton Penyelam dari Dislambair Koarmatim, 1 Pleton Polairud Polda Bali, 1 Pleton Polri dari Polsek Benoa, 1 Regu SAR Denpasar, 1 Regu KPLP,1 Regu Hard Rock, 1 Regu KSOP, 1 Regu Benoa Diving, kemudian dari unsur Medis kesehatan 1 Pleton Diskes Koarmatim, 1 Regu Diskes Lantamal V, 1 Regu Kesdam IX Udayana, 1 Regu RSUP Sanglah Bali, dan dari Unsur Udara 1 Regu dari Puspenerbal.

Kemudian Unsur gelar Alut yang dipamerkan dan di inspeksi oleh Pangarmatim adalah 2 Perahu Karet dan peralatan selam dari Penyelam Dislambair Koarmatim, 1 Perahu Karet dan kendaraan bawah air dari Satkopaska Koarmatim, 2 Unit mobil Ambulance dari Diskes Koarmatim, 1 mobil ambulance dari Kesdam IX Udayana, 2 Unit Mobil Ambulance dari RSUP Sanglah Denpasar Bali dan 1 Unit mobil SAR dari Kantor SAR Denpasar.

19 PANGARMATIM PIMPIN GELAR PASUKAN LATSAR DI BALI (5)Dalam amanatnya Pangarmatim mengatakan,  Search and Rescue (SAR) pada hakekatnya adalah kegiatan kemanusiaan yang dilakukan secara suka rela dan tanpa pamrih serta merupakan kewajiban moral bagi setiap warga negara yang terlatih untuk melakukan pertolongan terhadap korban musibah secara cepat, tepat dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baik sarana dan prasarana maupun manusianya.

Dikatakannya sesuai dengan arti kata SAR yang berarti Search (Pencarian) dan Rescue (Pertolongan/penyelamatan), maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan berupa pengetahuan tentang organisasi, operasi, dan filosofi SAR sehingga perlunya upaya pemantapan melalui latihan secara berjenjang dan berkelanjutan agar mampu menyelenggarakan bantuan/operasi SAR dengan cepat, tepat dan berhasil guna.

Hadir pada acara tersebut, Danguspurlarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan S.E., M.M., Wadirlat Latsar Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., Asintel Pangarmatim Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo, S.H.,M.A.P.,M.Si (Han).,Irdam IX Udayana, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto, Kakesdam IX Udayana, Kapolsek Benoa, Kasatpol Airud Benoa Asisten I Walikota Denpasar, GM Pelindo III Cabang Benoa dan undangan lainnya.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

 

loading...