PB, Jakarta – Memasuki minggu ke-6 pelaksanaan Kursus di Seskoal, sejumlah 100 Perwira Siswa Kursus manajemen Strategik TNI AL Angkatan ke-11 TP.2016 menerima ceramah pembekalan dari Inspektur Jendral TNI Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Tri Prasodjo di Hall B Gedung R.E. Martadinata Kampus Seskoal Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (19/5).

Pembekalan dengan materi tentang Kebijakan Pengawasan dan Pemeriksaan TNI AL ini dihadiri pula Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M., Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., Sekretaris Lembaga Seskoal Kolonel Laut Prasetyo, S.Ip., M.Tr (Han), M.A.P., serta Patun dan  Dosen Seskoal.

Irjenal-sms (2) copyDalam pembekalannya Laksamana bintang dua itu menyampaikan antara lain bahwa pengawas pada dasarnya adalah pencegahan dini, pada tahap perencanaan dalam suatu organisasi harus sudah dilakukan pengawasan, karena apabila suatu perencanaan itu keliru maka sebesar apapun organisasi tidak akan hebat,  dan untuk menjamin perencanaan itu bagus harus dilakukan pengawasan yang baik. Untuk menilai sebuah perencanaan itu baik atau tidak maka pengawasnyapun harus hebat, oleh karena itu seorang pengawas harus mempunyai kapabilitas yang memadai agar pengawasan dapat berjalan dengan baik.

Dikatakan bahwa,  fungsi yang melekat di pengawas adalah menjamin kualitas kinerja sebuah organisasi, kalau organisasi itu pengawaknya mengalami masalah hukum atau berpotensi masalah hukum, hal itu menunjukkan bahwa pengawas itu lemah.

“Semakin banyak kelemahan atau kesalahan di sebuah organisasi itu menunjukkan bahwa pengawasnya tidak bagus” menurutnya.

(Kamal/Pen Seskoal)

 

 

loading...