PB, Surabaya – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. memimpin serah terima jabatan Komandan Satuan Lintas Laut (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya dalam suatu upacara militer yang berlangsung di Lapangan Apel Mako Satlinlamil Surabaya, Ujung, Surabaya, Kamis (19/5).

Tongkat jabatan Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya yang diserahterimakan, antara lain Komandan Satlinlamil Jakarta dari Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.AP. kepada Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis, S.H. dan Komandan Satlinlamil Surabaya dari Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono kepada Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M.

Kegiatan serah terima jabatan Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya ini, diawali dengan upacara militer yang diikuti oleh seluruh jajaran Satlinlamil Surabaya. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) Wijayanto yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Ratai 509.

Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M. menjabat sebagai Komandan Satlinlamil Surabaya yang baru adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 37 Tahun 1991 yang sebelumnya menjabat Staf Ahli “A” Bidang Wilayah Nasional Sahli Panglima Koarmabar usai mengikuti Pendidikan Reguler XLII Sesko TNI 2015. Pamen dengan tiga melati dipundak ini lahir di Sidoarjo, Jawa Timur 50 tahun yang lalu dan memiliki keahlian sebagai perwira Hidro-oceanografi. Pamen yang juga ahli dalam bidang batas-batas wilayah laut ini lama berdinas di lingkungan Hidro-oceanografi (1992-1996) dan Kolinlamil (2001-2007) sehingga Kolinlamil bukanlah kotama yang asing baginya.

Sedangkan Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis, S.H. menjabat sebagai Komandan Satlinlamil Jakarta yang baru adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 38 Tahun 1992 yang sebelumnya menjabat Staf Ahli “B” Bidang Komunikasi Sosial Sahli Panglima Koarmatim usai mengikuti Pendidikan Reguler XLII Sesko TNI 2015. Pamen dengan tiga melati dipundak ini lahir di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan 47 tahun yang lalu dan memiliki spesifikasi keahliannya dalam bidang operasi dan latihan. Sebagai seorang Pelaut, Pamen yang berasal dari Makassar ini banyak berdinas dilingkungan Komando Armada Timur yaitu sejak 1993 berpangkat Letda hingga Kolonel tahun 2013 sebagai Asisten Operasi (Asops) Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmatim.

Pangkolinlamil dalam amanatnya mengatakan bahwa, serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan dinamika organisasi yang senantiasa terus bergerak maju dari waktu ke waktu. Oleh karena itu dengan adanya Sertijab ini diharapkan akan tumbuh semangat baru di lingkungan Kolinlamil serta akan muncul penyegaran ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif sehingga kinerja ke depan semakin meningkat.

Pangkolinlamil memberikan penekanan kepada seluruh personil Kolinlamil baik Satlinlamil Jakarta maupun Surabaya antara lain, agar meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan unsur-unsur di bawah binaan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, tingkatkan terus hubungan dengan komando samping guna menunjang kelancaran tugas-tugas yang diemban dan tingkatkan kinerja maupun disiplin serta dukungan penuh kepada Dansatlinlamil Jakarta dan Surabaya yang baru.

“Keberhasilan didalam melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan unsur, merupakan kunci bagi terlaksananya tugas pokok kolinlamil secara keseluruhan,” jelas Pangkolinlamil.

Disamping itu dengan unsur yang sebagian besar sudah tua dan dukungan anggaran pemeliharaan yang terbatas, pola kepemimpinan Komandan Satuan dan para Komandan unsur sangat berpengaruh terhadap kesiapan KRI dan profesionalisme prajurit yang menuntut kepedulian dan peran serta secara aktif dari seluruh personel satlinlamil Surabaya maupun satlinlamil Jakarta dalam melaksanakan pemeliharaan dan perawatan secara berkesinambungan terhadap seluruh alutsista yang dimiliki, yang pada akhirnya sangat menentukan kesiapan unsur tersebut untuk dioperasikan.

“Tingkatkan kepedulian dalam pemeliharaan dan perawatan alutsista yang kita miliki. Dan itu salah satu prioritas tugas para Komandan Satuan,” Tegas orang nomor satu di Kolinlamil tersebut.

Kolonel Laut (P) Tedjo Sukmono (mantan Dan Satlinlamil Surabaya) segera menempati jabatan barunya sebagai Asisten Personil (Aspers) Panglima Koarmabar dan Kolonel Heri Widodo, S.A.P (mantan Dan Satlinlamil Jakarta) selanjutnya mengikuti Pendidikan Reguler Sesko TNI XLIII 2016 di Bandung.

Rangkaian kegiatan serah terima jabatan Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta dan Surabaya tersebut selain upacara militer, juga akan dilanjutkan dengan acara ramah tamah pisah kenal atau Farewell Komandan Lama dan Baru.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pelepasan kedua mantan Komandan Satlinlamil Jakarta dan Surabaya oleh seluruh jajaran Satlinlamil Surabaya yang berjajar berdiri dijalan hingga gapura dengan Komandan lama keluar lalu kemudian Komandan baru masuk, sebaliknya dengan diiringi lagu-lagu semangat menyambut Komandan baru.

(Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

loading...