PB PURWOREJO- Perhelatan job fair yang diselenggarakan Dinas tenaga Kerja TransmigrasiSosial (Disnakertransos) Purworejo selama dua hari 18-19 Mei 2016 sudah usai. Berdasarkan data dari panitia, sekitar 5000 pengunjung mendatangi job fair yang digelar di Gedung Wanita.

Dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan  20 perusahaan semua menarik minat pencari kerja. “Sayangnya dari 2071 pendaftar hanya 140 yang bisa diterima kerja,” kata Trimo, Kasi Penempatan Tenaga Kerja dalam dan Luar negeri Disnakertransos Purworejo.

Dikatakan, secara keseluruhan penyelenggaraan job fair sukses hanya hasilnya yang diluar harapan. Menurut dia, meski ada kenaikan dibanding pada penyelenggaraan job fair yang pertama namun masih jauh dari harapan. “Tahun lalu dari 20 perusaahan yang ada tenaga kerja yang terserap sekitar 4%, sedang untuk tahun 2016 ini sekitar 6,2 %,” terang Trimo.

Dijelaskan, kendati banyak penawaran kerja yang ditawarkan namun tidak semua cocok dengan apa yang diharapkan para pencari kerja. Selain itu dalam proses perekutan juga dinilai masih berbelit dan memakan waktu cukup lama sehingga hasilnya tidak segera diketahui oleh Disnakertransos.

Masih kata Trimo, dari 7077 lowongan kerja yang tersedia ternyata hanya empat perusahaan yang paling banyak merekrut tenaga kerja sementara sisanya masih belum jelas. Perusahaan tersebut adalah, Matrix Indo Global (garmen), Libra Permana (garmen), Royal Fahsion (garmen), Alfa Mart, dan PT Dian Jogja Perdana (PJTKI).

“Melihat hasil yang ada, untuk rencana job fair tahun depan kami akan lebih selektif lagi terhadap peserta job fair. Kami hanya akan mengundang perusahaan yang benar-benar membutuhkan tenaga kerja dan tidak sekedar promosi semata,” pungkas Trimo. (WARDOYO)

loading...