PB, Surabaya – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-108, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin jalannya upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 tahun 2016 yang bertema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter”, bertempat di Dermaga Madura, Ujung Koarmatim, Surabaya. Jumat, (20/05).

Pada upacara kali ini ada hal menarik, karena selain Komandan Upacara (Danup) dipimpin oleh Perwira Menengah (Pamen) Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yaitu Letkol Laut (KH/W) Renny Setiowati, S.T.,M.Sc., yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Staf Program dan Anggaran (Pasprogar) Satfib Koarmatim, para pengibar bendera, pengucap Sapta Marga, dan pembaca pembukaan UUD 1945 juga dilaksanakan oleh para Srikandi Laut Koarmatim, serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Wanita yang ikut membacakan Panca Prasetya Korpri di hadapan Pangarmatim.

Pangarmatim dalam peringatan Kebangkitan Nasional tahun 2016 berkesempatan menyerahkan hadiah kepada para pemenang juara lomba Menembak, juara lomba Karate, juara lomba Triathlon Komando Run, dan juara lomba senam Kreasi Gema Famire  kepada perwakilan masing-masing juara.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bpk. Rudiantara yang dibacakan oleh Pangarmatim selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, Sejak diproklamirkannya kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun.

NKRI adalah negara demokrasi berlandaskan ideologi Pancasila, yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat yang hidup di tengah masyarakat. Wilayah NKRI terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, terdiri dari 17.508 pulau, dihuni oleh penduduk sebesar 254,9 juta jiwa dengan 1.331 suku bangsa, 746 bahasa daerah, dengan garis pantai sepanjang 99.093 km persegi. Menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa Indonesia secara konsisten untuk menjaga, melindungi dan memelihara tegaknya NKRI dari gangguan apapun, baik dari dalam maupun dari luar dengan cara menerapkan prinsip dan nilai-nilai nasionalime dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Gugus Tempur Laut  Koarmatim (Danguspurlatim) Laksma TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., para pejabat utama Koarmatim dan para staf ahli Pangarmatim.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

loading...