PB PURWOREJO- Dari tahun ketahun SMK Negeri 3 Purworejo yang beralamat di jalan Kartini No 5 Purworejo makin menunjukkan prestasinya. Banyak lulusan SMK Negeri 3 Purworejo yang sudah diserap oleh dunia usaha dan industri.

SMK Negeri 3 Purworejo membuka jurusan, Boga tiga kelas, Busana empat kelas dan Kecantikan satu kelas. Pada tahun ajaran 2015- 2016 ini kelulusan mencapai 100 %. Bahkan salah satu siswanya yang bernama Nuning Pangestuti berhasil meraih nilai 100 untuk mapel matematika.

Selain itu ada juga siswa atas nama Adam Bayu Prasetyo berhasil meraih juara II LKS tingkat profinsi dan juara I Asean Skill Competition (ASC) kategori Restaurant Servis. Atas prestasinya tersebut Adam Bayu Prasetyo meraih bea siswa dari Universitas Tri Sakti Jakarta.

Kepala SMK Negeri 2 Purworejo melalui urusan Bursa Kerja Khusus (BKK), Faisal,Sag,MPd.I menerangkan, pihak sekolah tidak akan lepas tangan terhadap siswanya yang sudah lulus. Karena itu pihak sekolah akan menfasilitasi siswa yang akan mencari dan mendaftar kerja. “Kami merasa memiliki tanggung jawab untuk memastikan status para siswa begitu lulus dari SMKN 2. Apakah mereka langsung bekerja atau kuliah,” kata Faisal.

Dijelaskan, fungsi BKK adalah menjembatani antara siswa yang mencari kerja dengan dunia usaha dan industri. Banyak lulusan SMK Negeri 2 yang mencari informasi lowongan pekerjaan lewat BKK. “Untuk tahun ini dari 267 lulusan sebagian besar diserap oleh Ungaran Sari Garmen, sisanya di Royal Fhasion, PT Bra dan kuliah” terangnya.

Meski demikian ada juga yang belum bisa bekerja dan masuk daftar tunggu lantaran belum cukup umur dan faktor tinggi badan.

Diakui, dari program keahlian yang ada paling banyak diminati dunia usaha dan industri adalah Tata Busana. “Karena itu sebagian besar perusahaan yang jalin kerjasama dengan SMKN 3 Purworejo dari garmen,”jelas Faisal. (WARDOYO)

loading...