PB, Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos, membuka secara resmi diawalinya rangkaian kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut HUT ke 55 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tahun 2016 di gedung Laut Natuna, Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (24/5).

Pada HUT ke 55 Kolinlamil tahun 2016 kali ini mengangkat tema “Melalui Peningkatan Profesionalisme dan Sinergitas, Kolinlamil Siap Mendukung Budaya Maritim dan Konektivitas Laut Nusantara”.

Menurut Pangkolinlamil mengangkat tema tersebut, sebagai salah satu upaya Kolinlamil mengambil bagian untuk bersinergi dalam membangun budaya kemaritiman dan Konektivitas Laut Nusantara. Disamping tugas pokoknya dalam menyelenggarakan dukungan angkutan laut militer dan angkutan laut nasional.

OK 2Hal ini juga sesuai dengan visi pemerintah membangun kembali budaya maritim yang telah menetapkan kebijakan lima pilar poros maritim Indonesia.

“Dari lima pilar tersebut Kolinlamil dapat bersinergi mendorong perwujudan pilar pertama yaitu masalah membangun budaya maritim. Dengan menyadarkan masyarakat kembali ke semboyan masa lalu. Yaitu, di laut kita jaya dan nenek moyang kita adalah orang pelaut. Dan pilar keempat terkait diplomasi maritim, dimana kapal-kapal Kolinlamil melaksanakan muhibah ke luar negeri dalam mendukung pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut”, jelas Pangkolinlamil.

Di hari pertama perlombaan ada tiga jenis yang kegiatan dilaksanakan yaitu Lomba Tenis meja, Pemilihan Tamtama Teladan dan Lomba fotografi dengan obyek aktifitas di KRI Banjarmasin 592 yang sedang belayar keliling kepulauan seribu. Dan sebagai tanda resmi diawalinya kegiatan perlombaan, Pangkolinlamil mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta lomba.

Khusus kepada peserta lomba fotografi Pangkolinlamil menjelaskan beberapa kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke 55 Kolinlamil kali ini adalah Lomba Tenis Meja antar instansi TNI-Polri; Pemilihan Tamtama Teladan di lingkungan Kolinlamil; menyelenggarakan Lomba Fotografi peserta dari TNI AL, Wartawan dan komunitas fotografi indonesia dengan obyek budaya maritim dan yang berkaitan Konektivitas Laut Nusantara serta kegiatan lomba yang dilaksanakan Kolinlamil; Joy Sailing di perairan kepulauan seribu; melaksanakan kegiatan pembersihan laut, melaksanakan kegiatan olah raga perairan; mennyelenggarakan pasar murah; menyelenggarakan Lomba PBB kreatif dengan peserta dari siswa sekolah menengah atas (SMA) se-DKI Jakarta; Upacara Parade HUT ke 55 Kolinlamil tanggal 1 Juli serta puncak kegiatan terakhir adalah Kolinlamil Open Day (KOD).

“Intinya kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut HUT ke 55 Kolinlamil tahun 2016 lebih banyak melibatkan masyarakat sipil, guna membangkitkan kesadaran dan semangat budaya bahari dan karakter kemaritiman. Beberapa momen kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dapat diabadikan sebagai bahan foto yang akan dinilai”, jelasnya kepada pada peserta lomba fotografi di gedung laut Nusantara.

Usai membuka acara diawalinya perlombaan, Pangkolinlamil memberikan ucapan selamat mengikuti lomba kepada para peserta lomba dan diikuti oleh pejabat teras lainnya di jajaran Kolinlamil.

(Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

 

loading...