PB, Bombana : Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara  pekan lalu melaksanakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Penggiat Anti Narkoba Melalui Bimbingan Teknis di Kabupaten  Bombana. Dihadiri oleh Asisten III sekda Bombana  Hasdin Ratta kegiatan tersebut  di laksanakan di Hotel OASIS Bombana.

Dalam sambutannya Asisten III Hasdin Ratta menyampaikan terima kasihnya kepada BNNP yang telah menempatkan serangkaian kegiatan tersebut di Kabupaten  Bombana.

Sementara itu Kepala BNNP Sultra  Kombes Pol. Drs. Fauzan Djamal, M.Si yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba adalah kejahatan luar biasa atau Ekstra Ordinary Crime sehingga  mengatasi permasalahan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. “Peran pemerintah, swasta dan masyarakat harus dimaksimalkan” ujar Faudzan Jamal.

Senada dengan itu Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pendayagunaan Masyarakat (Cegah-Dayamas) BNNP Sultra  Dra. Hj. Harmawati, M.Kes. Apt mengatakan dalam memerangi narkoba,  pemerintah  telah mengeluarkan UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika sebagai pengganti dari UU No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika dan UU No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.  “Undang-Undang itu dibuat untuk mencegah ataupun membatasi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia” ujarnya.

Lanjut Harmawati latar belakang yang mendorong oarng untuk menggunakan narkoba sangat bervariatif dimulai dari kondisi dan gaya hidup masa kini, keinginan untuk lari dari permasalahaan hidup yang dihadapi yang semakin berat dan kompleks, bujuk rayu teman ataupun untuk mencari keuntungan ekonomi yang menggiurkan dari bisnis narkoba.”Juga beberapa alasan pembenaran telah menjadi faktor penyebab mengapa banyak yang terjerumus dan bahkan tidak mampu untuk lepas dari cengkraman pengaruh Narkoba” katanya lagi.

Selain mendengarkan pemaparan dari para narasumber  kegiatan tersebut juga diisi dengan diskusi yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, para Lurah, pendidikdan  aparat Kepolisian. (Enel- Sultra)

loading...