PB, Jakarta – Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Hengky Setyahadi, Sp.B, FINACS, FICS menutup pelaksanaan Latihan Kesehatan 2016 di Diskes Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (26/5). Latihan tersebut merupakan program untuk Triwulan II tahun 2016 yang pelaksanaannya mulai awal bulan lalu.

Menurut Kadiskes, tujuan diadakan latihan kesehatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, ketrampilan kerjasama tim dan kesatuan lain di luar Diskes dalam pengerahan fungsi pelayanan dan perawatan kesehatan dapat mengatasi berbagai kesulitan penugasan baik di KRI maupun pendirat. Selain itu juga untuk menanggulangi keterbatasan tenaga kesehatan di kapal dan pendirat maka dilaksanakan latihan kesehatan tingkat II, sekaligus memberikan keterampilan kesehatan kepada tenaga non kesehatan dalam rangka menanggulanggi korban massal.

Latihan Kesehatan Tingkat Dua ini merupakan latihan bersama antara satuan-satuan kerja dilingkungan Kolinlamil yang dimotori Dinas Kesehatan Kolinlamil yang bertujuan agar diperoleh kesamaan pengertian dan keseragaman pelaksanaan dalam menyelenggarakan latihan kesehatan untuk mencapai hasil yang optimal.

Dengan dilaksanakannya latihan itu, diharapkan para peserta akan dapat mewujudkan kemampuan dukungan kesehatan yang efektif dalam dalam korban, evaluasi medis dengan atau tanpa alat dan K3I dalam menanggulangi korban.

Selain itu, dengan adanya latihan kesehatan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur kesiapan personel kesehatan dalam pelaksanaan tugas pokok, sehingga pelaksanaan dukungan kesehatan lebih optimal dan bermuara pada tercapainya tugas pokok organisasi TNI Angkatan Laut.

Latihan Kesehatan tersebut dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 16 s.d 26 Mei 2016 diikuti 165 orang peserta yang terdiri dari para Bakes/Takes (Bintara/Tamtama Kesehatan) dan non prajurit kesehatan, 15 orang panitia dengan 3 orang instruktur di jajaran Kolinlamil.

Hadir dalam acara tersebut para Kasubdis, perwira dan jajaran Dinas Kesehatan Kolinlamil.  (Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

 

 

loading...