PB, Jakarta -Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menyambut HUT – nya yang ke 55 tahun 2016 menggelar bakti sosial donor darah untuk disumbangkan sebagai bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.  Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (25/5).

Kegiatan sosial donor darah ini dimotori oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil  Letkol Laut (K) dr. Hengky Setyahadi, SpB, FINACS, FICS, dan terlaksana atas kerja sama Dinas Kesehatan Kolinlamil dengan Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara,

Para pendonor, selain berasal dari anggota militer dan PNS Kolinlamil juga ada yang datang dari instansi lain diantaranya Mabesal, Armabar, Seskoal, RSAL Mintohardjo, Kormar, Brigif 2 Marinir, Lantamal III, Ladokgi, Lafial, Sekesal, Dishidros, Polres Jakarta Utara, Polres Pelabuhan, Yon Bekang, dan Kodim 0502 Jakarta Utara.

Sebanyak 464 orang antusia datang mendaftarkan diri sebagai peserta untuk ikut menyumbangkan darahnya. Namun hanya 241 kantong darah yang memenuhi syarat untuk diambil.

Menurut dr. Hengky, banyaknya peserta yang tidak dapat diambil darahnya oleh petugas, rata-rata sebabkan oleh tensi darah peserta yang masih tinggi dan HB darah yang tidak memenuhi syarat antara 13 s.d 17 miligram %.

“Sebelum peserta diambil darahnya masing-masing peserta mengisi formulir data selanjutnya dilakukan pengecekan tekanan darah dan pengetesan HB darah oleh petugas. Peserta yang memenuhi syarat dilanjutkan untuk pengambilan darahnya. Namun dari hasil yang dicapai hari ini sebanyak 241 kantong darah sudah maksimal’, jelas dr. Hengky.

Penyelenggaran kegiatan bakti sosial donor darah ini adalah instruksi dari Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. untuk melaksanakan kegiatan kemamusiaan dalam menyambut HUT ke 55 Kolinlamil.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Kolinlamil turut serta membantu pemerintah melalui PMI terhadap ketersediaan darah, yang akan disalurkan ke rumah sakit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas dr. Hengky menirukan instruksi Pangkolinlamil.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, Kaskolinlamil Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H. mengawali sebagai pendonor pertama yang diikuti para Asisten Pangkolinlamil, Kadis/Kasatker, Komandan Satlinlamil Jakarta, dan lima orang Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil serta dilanjutkan dengan para peserta lainnya.

Pelaksanaan kegiatan bakti sosial donor darah tersebut berjalan lancar di mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 12.25 WIB dengan jumlah petugas 40 orang yang terdiri dari; Diskes Kolinlamil 20 orang (3 orang dokter, 10 orang paramedis, 7 orang tenaga admininistrasi) dan dari PMI sebanyak 20 orang (18 orang paramedis dan 2 orang dokter).  @Kamal/Dispen Kolinlamil

 

 

 

loading...