PB, Jakarta- Sebanyak 150 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-54 TP.2016 menggelar Sidang Paripurna dan Pameran Forum Strategi II, di Gedung Koen Djaelani, Pus Oyu Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu(24/5).

Tema yang diambil adalah “Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II Guna Mendukung Penyelenggaraan Pertahanan Negara Di Laut Dalam rangka Menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Sidang Paripurna tersebut dihadiri Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M., Sekrataris Lembaga Seskoal Kolonel Prasetyo, S.Pi., M.Tr(Han)., M.A.P., Pejabat Utama Seskoal, Patun dan Dosen Lembaga Pendidikan ini, Para Komandan Pangkalan TNI AL masing-masing dari,  Bali, Banjarmasin, Nunukan, Kota Baru, dan pejabat daerah dari Makasar.

Sidang diawali dengan paparan naskah dengan judul Optimalisasi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Nasional Di Alki II Guna Mendukung Penyelenggaraan Pertahanan Negara Di Laut Dalam rangka Menegakkan NKRI, yang disampaikan oleh Ketua Seminar Forum Strategi II Mayor Laut (P) Agus Supriyo, S.E., didampingi oleh Mayor Marinir Alim Firdaus dan Mayor Laut (T) Frans Joni Tandiarrang, S.T. Naskah ini merupakan representasi dari hasil kuliah kerja dalam negeri (KKDN) di enam wialayah yaitu Tarakan, Banjarmasin, Balikpapan, Bali, Makasar dan Palu.  Untuk lebih menyempurnakan naskah yang dipaparkan tersebut, Pasis mendapat masukan dari Pejabat Seskoal maupun Pejabat TNI AL lainnya yang hadir.

Kegiatan Forum Strategi II merupakan kegiatan kulaih kerja dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di suatu wilayah tertentu di Indonesia dengan tujuan dapat melihat secara nyata sumber daya maritime untuk mendukung kesejahteraan maupun pertahanan Negara di laut guna menentukan strategi dalam masa lima tahun kedepan.

Usai menerima tambahan masukan dari pejabat Seskoal, Ketua sidang menutup kegiatan Forum Strategi II dengan menyerahkan palu sidang kepada Mayor Laut (T) Mufianto sebagai Ketua Forum Strategi III , selanjutnya para peserta seminar dan undangan diberi kesempatan untuk meninjau pameran berbagai  seni dan budaya masing-masing daerah yang dikunjungi pada KKDN Forum Strategi II itu.

(Kamal/Pen Seskoal)

 

 

 

 

loading...