PB PURWOREJO- Pamuji alias Ipang (41) warga Kampung Ngupasan, Kecamatan/Kabupaten Purworejo hanya bisa pasrah saat dijebloskan dalam sel tahanan polisi lantaran aksinya mencuri uang milik Aminudin (29) warga Jebres, Klaten diketahui korban lewat rekaman handycam.

Bermula dari kekesalan korban yang beberapa bulan terakhir sering kehilangan uang dirumah kontrakannya. “Semenjak kontrak dirumah milik Pamuji saya sering kehilangan uang. Total sudah Rp 5.150 ribu, terakhir celengan milik anak saya sudah dicongkel,” kata Aminudin.

Menurut Aminudin, ide merekam bermula rasa penasaran dan kesal dengan ulah pencuri yang kerap menyatroni rumahnya. Sebelum berangkat kerja Aminudin meletakan handycam dibawah TV untuk merekam dan mengetahui siapa sebenarnya pelaku pencurian.

Setelah pulang kerja Aminudin kemudian mengecek rekaman handycam yang diletakkan dibawah TV. “Setelah saya tonton ternyata yang sering mengacak-acak rumah adalah Pamuji, pemilik rumah kontrakan, saya kemudian lapor polisi,” ucap Aminudin.

Kapolsek Kota AKP Bambang Sulistyo saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. “Rabu (25/05/2016) tersangka sudah kita amankan dan kini masih dalam pemeriksaan,” kata Kapolsek Kota.

Dijelaskan, tersangka bisa leluasa masuk ke rumah korban dikarenakan sudah mengetahui seluk eluk rumah tersebut. “Bahkan tersangka pernah masuk rumah dengan cara memanjat triplek pembatas antara rumah kontrakan korban yang langsung kedalam ruang tamu,” jelas AKP Bambang.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka nekad mencuri uang milik korban karena terdesak kebutuhan sehari-hari. Selain itu tersangka juga mengaku banyak hutang.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Arsida Septiana mengungkapkan, saat ini tersangka masih dalam pemeriksaan oleh unit Reskrim Polres Purworejo dan segera mungkin akan dilimpahan ke Kejaksaan Nageri Purworejo.

“Atas perbuatannya tersangka diduga keras melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” papar Kapolres. (WARDOYO)

loading...