PB, Jakarta -Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc.,  menyampaikan Pembekalan tentang Pembinaan Karakter Bangsa kepada 150 Perwira Siswa  Pendidikan Reguler Seskoal Angatan ke-54 TP.2016 di Hall A gedung R.E. Martadinata Kampus Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut Laksamana bintang satu ini pada pembekalannya tentang pengertian karakter bangsa Indonesia, bahwa karakter bangsa merupakan bilief system yang telah terpatri dalam sanubari bangsa, yang merupakan hasil perpaduan dari faktor endogen bangsa dan faktor eksogen berupa tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Dikatakan bahwa, tujuan pembinaan karakter bangsa antara lain, meningkatkan dan mengokohkan semangat religiositas bangsa, menambah kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjamin terlaksananya pluralitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memantapkan wawasan, rasa dan semangat kebangsaan. Juga menjunjung Hak Asasi Manusia dan Hukum, mengembangkan musyawarah untuk mencapai mufakat, mengembangkan nilai dan komptensi karakter pribadi dan bangsa, serta meningkatkan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan hasil yang ingin dicapai adalah terciptanya masyarakat yang bersikap dan bertingkah laku secara santun berdasarkan Pancasila, lanjutnya.

Diantara para Pasis Dikreg Seskoal yang mengikuti pembekalan Wadan Seskoal, hadir pula para Perwira Penuntun dan Dosen Seskoal.

(Kamal/Pen Seskoal)

 

 

loading...