PB, Jakarta- Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmabar dari Kolonel Laut (E) Monang Hatorangan Sitompul kepada Letkol Laut (P) Baroyo Eko Basuki di Markas Komando (Mako) Satkopaska Koarmabar, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin (30/5).

Dalam amanatnya, Pangarmabar Laksamana Muda TNI A. Taufiq R., antara lain mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan proses kesinambungan pembinaan upaya pegembangan organisasi dalam rangka penyegaran, pengembangan korps dan peningkatan kinerja guna mencapai tujuan organisssi TNI Angakan Laut yang lebih bermakna sebagai wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI Angaktan Laut yang diberikan kepada perwira terbaik dan terpilih.

30052016 sertijab dansatpaska 2

Pangarmabar mengatakan, Komando Pasukan Katak Koarmabar merupakan satuan elit di jajaran TNI Angkatan Laut yang secara resmi didirikan pada tanggal 31 Maret 1962 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno di mana saat itu dibentuk untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Kopaska sebagai bagian dari SSAT harus mempunyai kemampuan untuk mendukung teknik maupun taktis yang merupakan tuntutan integral dari strategi kemampuan TNI Angkatan Laut. Pada dasarnya untuk mampu melaksanakan peperangan laut khusus dalam rangka mendukung operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

Dikatakan Pangarmabar bahwa dengan semboyan Tan Hana Wighna Tan Sirna yang berarti tak ada rintangan yang tak dapat diatasi. Secara umum, prajurit Kopaska ibarat katak yang mampu bergerak dalam air. Mereka harus mampu menguasai berbagai strategi perang, konsep perang laut dengan sempurna dan akan menguasai detail setiap bagian dari kapal yang akan menjadi sasaran dalam operasi.

“Adapun prestasi dalam penugasan yang telah dilaksanakan Satkopaska Koarmabar sampai saat ini di antara Operasi Duta Samudera Somalia, Operasi Khusus WFQR, Pengamanan RI-1, Koordinator Pengamanan dan SAR Latma Multilateral Komodo 2016 serta prestasi-prestasi lainnya,”menurutnya.

Pada kesempatan itu, Pangarambar memberikan apresiasi kepada jajaran Satkopaska Koarmabar yang telah mampu melaksanan tugasnya dengan baik dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Kepada pejabat lama Pangarmabar mengucapkan terima kasih dan penghargaan selama menjabat sebagai Dansatkopaskaarmabar dengan prestasi operasional yang membanggakan.

Sementara itu kepada Pejabat Baru, Pangarmabar mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk menjabat sebagai Komandan Satkopaska Koarmabar.

Hadir pada kesempatan itu antara lain Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., Danguspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Danlantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) R.M. Trusono, S., Mn., dan para pejabat utama Koarmabar.

(Kamal/Dispenarmabar)

 

 

 

 

loading...