PB, Surabaya- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., mengajak seluruh Prajurit dan PNS Mako Koarmatim untuk melaksanakan Khotmil Qur’an, dan doa bersama yang dilaksanakan di Indoor Sport Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (30/5).

Dalam amanatnya, Pangarmatim mengatakan sebagai hamba Allah SWT yang beriman dan bertaqwa, dengan kedatangan bulan Ramadhan maka kita harus menyambutnya dengan penuh semangat dan suka cita. Bentuk penyambutan bisa kita tampakkan dengan mengadakan Khotmil Qur’an, berziarah ke makam leluhur dengan tujuan mendoakan, serta bersedekah sebagai mana sabda Rasulullah dalam kitab Duratun Nasihin yang artinya, “Barang siapa merasa gembira dengan kedatangan bulan Suci Ramadhan, maka Allah mengharamkan badannya untuk disentuh api neraka.”

Pangarmatim menyampaikan kepada seluruh Prajurit dan PNS yang hadir bahwa dalam Hadits Nabi di sebutkan bahwa Surga merindukan empat golongan yaitu para pembaca Al Qur’an, orang yang bisa menjaga Lisan, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Acara Khotmil Qur’an dan Doa bersama dipimpin oleh Kh. Bustomi Chusnan yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Chusnaniyah Ampel Surabaya, sebelum pelaksanaan Khotmil Qur’an dan doa bersama, Kh. Bustomi menyampaikan bahwa ditekankan bagi seorang muslim yang mengharap rahmat Allah dan takut akan siksa-Nya untuk memperbanyak membaca Al Qur’anul Karim pada bulan Ramadhan, maupun bulan-bulan lainnya untuk mendekatkan diri kepada Allah ta’ala, mengharap ridha-Nya, memperoleh keutamaan dan pahalanya. Al-Qur’an diturunkan untuk dibaca oleh setiap orang muslim, direnungkan dan dipahami makna, perintah dan larangannya, kemudian diamalkan. Sehingga menjadi pemberi syafaat baginya pada hari kiamat.

Hadir pada acara tersebut Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., Aspers Pangarmatim Kolonel Laut (P) R. Joko Heriyanto, S.E., Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto, Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Mintoro Yulianto serta seluruh Prajurit dan PNS Koarmatim yang beragama Islam.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

loading...