PB, Jakarta- Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni  di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67 Jakarta Pusat, Rabu (1/6).

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan  Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., antara lain mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam perjalanan telah mengalami berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir, melekat dan menyatu dalam kehidupan warga Negara Indonesia karena memang Pancasila adalah karakter dan kepribadian Bangsa Indonesia.

Panglima TNI mengingatkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada, Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihafalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila. Sebagai prajurit Sapta Marga dan PNS yang Berpanca Prasetya Korpri tentunya wajib hukumnya untuk memulai memelopori memberi contoh dan tauladan berbuat yang terbaik dengan cara yang baik dan benar, baik dalam kedinasan maupun dalam lingkungan kemasyarkatan.

Terkait dengan perkembangan situasi yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan masyarakat dalam implementasinya, menurut Panglima TNI, tugas –tugas TNI dapat diikutsertakan dengan cara mengedepankan beberapa hal antara lain apapun yang dilakukan TNI senantiasa dalam rangka pemberdayaan institusi fungsional dan untuk rakyat. TNI merupakan bagian dari sistem nasional, dan apapun yang dilakukan TNI senantiasa dilakukan bersama komponen bangsa lainnya.Selain itu, segenap peran dan tugas TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dilakukan atas kesepakatan bangsa dengan pengaturan secara konstitusional.

Pada kesempatan itu, Panglima TNI mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh prajurti dan PNS TNI yang telah melaksanakan tugas dengan penuh loyalitas dan dedikasi.

Upacara tersebut diikuti seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Koarmabar dan  dipimpin Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E.

(Kamal/Dispenarmabar)

 

 

 

 

 

loading...