PB PURWOREJO – Puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu dengan usia subur yang berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Bagelen dan pedagang Pasar Krendetan mengikuti pemasangan alat KB secara gratis. Pemasangan alat kontrasepsi jenis Implan dan IUD gratis itu diselenggarakan oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kabupaten Purworejo. Acara dikemas dalam kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) melalui Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran (Gerebeg Pasar) di Sub Terminal Agropolitan Pasar Krendetan, Kecamatan Bagelen, Rabu (02/06).

Pemasangan KB gratis dilakukan di dalam Bus, kendaraan khusu untuk pelayanan KB yang dimiliki oleh BKBPM Purworejo. Warga yang hendak ikut didata kemudian dipanggil satu persatu untuk mendapat pelayanan. “ Gerebeg Pasar KB ini bertujuan untuk menggerakan masyarakat dan stakeholder dalam pemgelolaan dan pelaksanaan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga,”kata Kepala BKBPM Purworejo, Sumharjono,S,Sos,MM usai membuka acara.

Dijelaskan, dipilihnya pasar sebagai pusat kegiatan karena pasar tradisonal merupakan tempat bertemunya aktifitas banyak orang, baik penjual, pembeli maupun penyedia jasa. “ Oleh karena itupedagang, pembeli dan masyarakat sekitarmerupakan potensi sasaran KIE KKBK dan pelayanan kontrasepsi. Dimana para pedangan yangberaktifitas dari pagi sampai sore tidak memiliki waktu untuk mendapatkan layanan KB,” jelasnya.

Sumharjono berharap, dengan hadirnya kegiatan gerebeg pasar itu semakin memudahkan pasangan usia subur (PUS) dan dan wanita usia subur (WUS) mendapatan layanan KB sehingga angka Contracepci Prelevenci Rate (CPR) dan Totality Ferility Rate (TFR) tercapai. “Melalui terobosan baru, KIE gerebeg pasar diharapkan mapu menyatukan inspira untuk menggerakan sektor dalam mendukung program KKBPK. (war)

loading...