PB, Surabaya- Pergantian Pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI Angkatan Laut khususnya di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), merupakan hal yang wajar sebagai bentuk realisasi dari kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Laut dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok Koarmatim, bertempat di Dermaga Madura Ujung Koarmatim Surabaya, Jum’at, (03/06).

Demikian disampaikan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam amanatnya saat memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim, Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim, serta Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Koarmatim.

Pangarmatim Laksda TNI Darwanto S.H., M.A.P. mengatakan, perlu diketahui bersama bahwa Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmatim dan Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmatim adalah Komando Pelaksana Pembinaan yang bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan, dan kemampuan tempur unsur-unsur organik sesuai dengan asasinya, dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur Koarmatim. Demikian pula dengan Detasemen Markas Komando (Denmako) Koarmatim, yang juga merupakan unsur pelaksana staf, juga memiliki tugas yang penting untuk menyelenggarakan pelayanan bagi dan dalam lingkungan Mako Koarmatim.

Komandan Satkat Koarmatim yang semula dijabat oleh Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S. diserahterimakan kepada Kolonel Laut (P) Retiono Kunto H., S.E. merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 38 yang sebelumnya berdinas sebagai Staf Ahli Pangarmatim. Komandan Satban Koarmatim yang semula dijabat oleh Kolonel Laut (P) Fadelan, S.E., M.M., saat ini dijabat oleh Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 39 yang sebelumnya menjabat sebagai Asrena Dalantamal VIII Manado. Sedangkan Dandenmako Koarmatim yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Laut (P) Irwan Sondang P. Siagian saat ini dijabat oleh Letkol Laut (P) Muhammad Junaidi.

Mengingat fungsi dan peran unsur-unsur Mako Koarmatim yang begitu penting dan strategis dalam proses pembinaan dan pencapaian tugas Koarmatim, maka semua satuan kerja dan kedinasan dituntut untuk senantiasa meningkatkan pembinaan fungsi satuan kerja masing-masing secara optimal.

Mengakhiri sambutannya, Pangarmatim menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, segala upaya dan kerja nyata yang telah diberikan oleh Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S., Kolonel Laut (P) Fadelan, S.E., M.M. dan Letkol Laut (P) Irwan Sondang P. Siagian.

Pangarmatim juga memberikan penekanan kepada ketiga Pejabat yang baru saja menjabat agar terus mengembangkan gagasan yang penuh inovatif dan penuh kreatifitas dalam bekerja guna menunjang pembinaan kemampuan dan kekuatan Koarmatim.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...