PB, Surabaya- Menindaklanjuti Kongres Sungai Indonesia (KSI) pertama yang berlangsung beberapa waktu lalu di Selorejo Jawa Tengah, dalam kongres sungai tersebut diserahterimakan pelaksanaan program KSI antara Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP kepada Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum sehingga pelaksanaan program KSI ke-2 akan berlangsung di Surabaya Jawa Timur, pertimbangan tersebut berdasarkan karena Jawa Timur terdapat dua sungai besar yakni Sungai Bengawan Solo dan Sungai Berantas.

Demikian disampaikan Kresana Budi selaku Penanggung Jawab Program KSI ke-II dihadapan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P. diruang kerja Pangarmatim dalam kunjungannya di Koarmatim, Selasa (07/06).

Kresna Budi menyampaikan, sebelum pelaksanaan Kongres yang rencananya akan dihadiri lebih dari 1000 aktivis lingkungan se-Indonesia ini, juga akan dilaksanakan program susur sungai dimana dalam program tersebut akan diikutsertakan tenaga ahli atau peneliti lingkungan.

07 PANGARMATIM SAMBUT BAIK PROGRAM KSI KE-II DI JATIM   (3)Demi suksesnya pelaksanaan program tersebut, Kresna Budi mengharapkan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmatim dapat ikut berperan serta dalam mendukung suksesnya kegiatan KSI ke-2 di Jawa Timur.

Pangarmatim didampingi Asisten Intelijen (Asintel) Kolonel Laut (E) Yanuar Adi Legowo, S.H.,M.A.P.,M.Si (Han)., dan Asisten Logistik (Aslog) Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E.,M.M., dalam sambutannya, mengapresiasi adanya program Kongres Sungai tersebut dimana fungsi sungai sangat besar bagi peradaban manusia, disamping itu sungai juga menjadi sarana wisata di suatu daerah.

Pangarmatim juga menerangkan bahwa Koarmatim juga telah melaksanakan program kali bersih (Prokasi) sebagai salah satu wujud dari upaya pelestarian dan pembersihan sungai yang ada di Kota Surabaya.

Kunjungan Penanggung Jawab Program KSI Jawa Timur di Koarmatim diakhiri dengan pemberian cenderamata berupa buku bertajuk “Bentangkan Layar Terjang Ombak dan Badai” karya Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P. yang berisikan tentang perjalanan beliau dan KRI Arung Samudera dalam misinya keliling dunia.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

 

 

 

loading...