PB, Surabaya- Kesiapan semua unsur yang terlibat Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 baik TNI Angkatan Laut maupun US Navy serta rencana garis besar seluruh rangkaian kegiatan latihan disampaikan oleh Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim Kolonel Laut (P) Ariantyo Condro Wibowo selaku Dansatgas Carat 2016 di hadapan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto S.H., M.A.P. dalam sebuah rapat terbatas yang berlangsung di Ruang Rapat Panglima Mako Koarmatim, Selasa (14/06).

Dalam pembahasan yang juga dihadiri oleh Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. serta Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Laksama Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M. Dansatgas Carat 2016 juga menyampaikan dalam pelaksanaan Latma Carat kali ini terdapat perbedaan dari pelaksanaan Latma Carat sebelumnya, dimana latihan bersama Flash Iron antara Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim dan US Navy Seal akan tergabung pada puncak pelaksanaan Latma Carat 2016.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Satkopaska Koarmatim Letkol Laut (P) Henricus Prihantoko selaku Dansatgas Flash Iron 2016. Dihadapan Pangarmatim menyampaikan Latma ini juga sebagai tindak lanjut akan maraknya pembajakan kapal-kapal niaga di Perairan Internasional, diperlukan Maritime Interdiction Operation (MIO) agar dapat menanggulangi kejahatan di laut, baik oleh Indonesia sendiri maupun bekerja sama dengan negara sahabat. Latma Flash Iron 2016 juga bertujuan untuk meningkatkan profesioalisme Satkopaska dalam melaksanakan Peperangan Laut Khusus, lanjutnya.

Menanggapi materi yang disampaikan berkaitan dengan kedua agenda latihan bersama tersebut Pangarmatim menyampaikan kepada tiap-tiap unsur yang terlibat untuk terus melaksanakan koordinasi yang ketat berkaitan dengan agenda rencana latihan. Berkaitan dengan kemampuan individu prajurit yang akan terlibat dalam latihan bersama tersebut, agar dapat mengambil hasil yang maksimal serta dapat saling bertukar pengetahuan maupun pengalaman, hendaknya setiap prajurit diberikan pelatihan berbahasa Inggris terlebih dahulu.

Pada kesempatan yang sama Pangarmatim juga menerima paparan tentang rencana kegiatan Buka Puasa Bersama Forkompinda Jawa Timur dengan Prajurit Koarmatim yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 20 Juni 2016 mendatang di Koarmatim. Serta paparan kesiapan latihan kesiapsiagaan yang disampaikan oleh Asisten Operasi (Asops) Pangarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah.

Hadir pada acara tersebut, Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko Gudhi Wahyono, S.Sos., Koorsahli Pangarmatim Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Para Pejabat Utama Koarmatim, serta Para Komandan Kapal yang berada di Pangkalan.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...