PB, Makassar : Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, memimpin langsung acara serah terima jabatan  (sertijab) Komandan Korem  (Danrem) 143/Halu Oleo Selasa (14/6/2016). Jabatan Komandan Korem 143/Halu Oleo itu diserah terimakan dari pejabat lama Kolonel Czi. Rido Hermawan, M.Sc kepada pejabat baru Kolonel Inf. Immanuel Ginting, SE.

Sertijab  yang dilaksanakan di Aula Makodam VII/Wirabuana Jl. Urip Sumoharjo KM.7 Kota Makassar  tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara serah terima baik pejabat lama maupun pejabat baru. Selanjutnya oleh  Pangdam VII/Wirabuana dilakukan  penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando  kepada pejabat baru.

image(2)Dalam sambutannya Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengatakan serah terima jabatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi, yang bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel. “Melalui pergantian pejabat, diharapkan dapat memelihara ritme dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan TNI Angkatan Darat, melalui penciptaan kondisi pembaruan, semangat penyegaran dan kreativitas pemikiran, guna lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas masing-masing” ujar Agus.

image(4)Agus Juga mengatakan sebagai Sub Kompartemen Strategis, Korem 143/HO dituntut untuk mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas dalam bidang perencanaan, pembinaan dan operasi, mengkoordinasikan, mengendalikan, mengawasi pelaksanaan peningkatan kemampuan personel serta pembinaan teritorial. Kata dia  Korem 143/HO mengemban misi strategis dalam gelar kekuatan matra darat pada konteks Pembinaan Kewilayahan, mengingat wilayah Korem 143/Ho berbatasan langsung dengan Poso yang sedang melaksanakan operasi pengejaran terhadap kelompok teroris Santoso. “Apalagi saat ini kita  sedang melaksanakan operasi teritorial dalam rangka mempersempit ruang gerak kelompok teroris tersebut ” ujar mantan Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT tersebut. Lanjut Agus  selain itu  wilayah Korem 143/HO merupakan daerah yang memiliki keaneragaman adat dan budaya yang khas sehingga ditinjau dari berbagai aspek Sultra merupakan daerah yang unik. “Sultra juga memiliki satu  daerah wisata yang menjadi pusat perhatian dunia yaitu daerah wisata Wakatobi” ujar suami dari Bela Saphira itu.  Oleh karena itu kata Agus, Sultra  merupakan salah satu daerah  terbuka di Indonesia mengingat  Wakatobi adalah salah satu daerah incaran wisata manca negara. Hal tersebut tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat daerah tersebut tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu pintu masuk peredaran jaringan narkoba Internasional.

imageMenurut Agus dengan berbagai persoalan  yang unik dan berbagai kekhususan yang berbasis keanekaragaman dan kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat diperlukan  penanganan secara komprehensif, terpadu dan lintas sektoral dengan Pemerintah Daerah, maupun instansi dan pihak terkait, disertai pelibatan partisipasi masyarakat. ” Membangun sinergitas dan kemitraan positif  dengan semua stake holder harus selalu diutamakan dan dikedepankan oleh satuan kewilayahan  guna menciptakan kondisi sosial yang aman dan kondusif” ujarnya lagi.

Mayjen Agus berharap kepada pejabat baru agar melakukan tugas-tugas Pembinaan Kewilayahan dengan sebaik-baiknya dengan  dilandasi oleh rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan serta semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kemanunggalan TNI-Rakyat, melalui tampilan sosok prajurit yang disegani, dicintai serta, mampu menjadi pengayom dan pelindung rakyat. “Bangun terus komunikasi melalui dialog serta interaksi yang intensif dan konstruktif dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya dalam upaya penyelesaian setiap permasalahan yang berkembang di wilayah masing-masing” pungkasnya.

Untuk diketahui Kolonel Czi. Rido Hermawan, M.Sc  selanjutnya  akan mengemban tugas baru sebagai Direktur Sistem dan Metode Teritorial di Pusterad (Pusat Teritorial Angkatan Darat), sedangkan Kolonel Inf.  Immanuel Ginting, SE. sebelumnya menjabat sebagai  Agen Deputy 2 Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN. Selain itu juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 143 PD VII/Wirabuana, Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sulawesi Tenggara Daerah G dari Ny. Rido Hermawan kepada Ny. Immanuel Ginting. Nampak  hadir dalam acara sertijab Danrem 143/HO tersebut, Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Supartodi, dan seluruh petinggi Kodam VII/Wirabuana. (Enel-Sultra)

loading...